11 Tumbuhan Herbal Berkhasiat Yang Bisa Ditanam Di Sekitar Rumah

Gambar Tanaman Obat Herbal dipekarangan


Akktif - Mungkin di rumah anda, anda masih memiliki lahan atau halaman yang kosong dan tak tau mau dibuat apa, atau mungkin anda adalah orang yang hobi berkebun atau memelihara tanaman-tanaman. Anda bisa mencoba menanam berbagai tumbuhan-tumbuhan yang tentunya akan menambah sejuk halaman rumah anda, terlebih lagi jika yang anda tanam  adalah tumbuhan – tumbuhan herbal yang tentu saja memiliki banyak khasiat, selain menambah sejuk halaman anda tentunya juga sangat bermanfaat bagi anda.
 
Tumbuhan – tumbuhan herbal ini bisa anda tanam di lahan yang tak terlalu luas, cocok di pekarangan rumah ataupun halaman rumah. Tanaman herbal atau tanaman obat keluarga, nah jika anda bingung ingin menanam apa, disini kami akan berikan beberapa contoh tumbuhan herbal yang berkhasiat yang bisa anda tanam di sekitar rumah, siapa tau anda tertarik menanamnya di pekarangan rumah anda.

1. Kumis Kucing
Selain berkhasiat sebagai obat herbal, kumis kucing ini juga sangat bagus diletakkan di pekarangan rumah anda karena memang bentuknya yang cukup indah, selain itu tumbuhan kumis kucing ini juga tidak terlalu memakan tempat, anda hanya perlu menggunakan pot ukuran sedang. Kumis kucing ini biasa digunakan untuk obat asam urat, sakit pinggang dan beberapa penyakit lainnya.

2. Cabai Rawit
Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata cabai rawit ini juga termasuk sebagai salah satu tumbuhan herbal, fungsinya yaitu untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah flu, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anda sudah menanam ini dirumah anda, tentu akan mempermudah anda, selain menghemat bumbu dapur, manfaatnya juga banyak.

3. Lavender
Selain bentuk dan warnanya yang indah, tumbuhan ini juga dikenal sebagai tumbuhan herbal serbaguna, bisa digunakan untuk mengusir serangga seperti nyamuk,lalat,bisa juga berguna untuk bumbu, dan juga sarinya bisa digunakan untuk penyedap makanan.

4. Kemangi

Biasa digunakan sebagai teman lalapan, kemangi ternyata mampu mengobati berbagai macam penyakit. Kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas dan memiliki kandungan anti oksidan tinggi.

5. Temulawak

Biasa digunakan sebagai bahan dasar jamu, temulawak ini bisa anda tanam di sekitar pekarangan rumah anda, dengan perawatan yang tepat tentu akan menghasilkan temulawak yang berkualitas dan sangat berkhasiat, temulawak ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan keseimbangan daya tahan tubuh anda.

6. Kayu Manis
Biasa digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kayu manis juga memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah mencegah penyebaran sel-sel kanker yang menyerang tubuh manusia. Selain itu tumbuhan kayu manis ini juga bermanfaat untuk mengobati infeksi pernapasan, mengurangi resiko penyakit jantung, meringankan perut kembung dan lain sebagainya.

7. Bunga Matahari
Selain bisa menghiasi pekarangan rumah anda, Bunga Matahari ini juga sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti osteoporosis, keram, sakit kepala dan lain sebagainya. Ekstrak minyak bunga matahari bisa digunakan sebagai anti inflamasi yang berfungsi sebagai penurun panas.

8. Lidah Buaya
Mungkin lidah buaya ini adalah tumbuhan yang paling sering anda lihat di pekarangan rumah orang-orang, ya tentu saja banyak yang memelihara lidah buaya karena manfaatnya yang beragam. Lidah buaya bisa digunakan sebagai obat kecantikan yakni untuk menjaga kesehatan rambut, memperlebat rambut dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, selain itu llidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kondisi keseimbangan tubuh serta membantu mengurangi luka luar.

9. Cocor Bebek
Orang-orang jaman dulu seringkali menggunakan cocor bebek sebagai obat untuk penurun demam, bahkan hingga kini cocor bebek ini masih sering digunakan di dunia kesehatan, tak sedikit juga orang-orang yang memelihara tumbuhan ini di sekitar rumah karena tumbuhan ini mudah untuk ditanam dan juga mudah dipelihara.

10. Seledri
Selain untuk bumbu masak, ternyata daun seledri dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mata kering. Cobalah untuk menanamnya dipekarangan rumah, karena seledri merupakan tanaman yang mudah untuk perawatannya.

11. Daun Sirih
Siapa yang tak kenal daun sirih, tumbuhan merambat dibatang-batang pohon ini ternyata sangat banyak sekali manfaatnya. Jaman dulu Daun sirih digunakan untuk nyireh oleh wanita tua yang fungsinya untuk memperkuat enamel gigi dan membunuh bakteri yang aktif dalam mulut. Manfaat lain dari daun sirih antaranya untuk menghilangkan bau badan, menyembuhkan penyakit kulit, melancarkan datang bulan, mengobati batuk dan sariawan, serta sebagai obat kumur alami untuk membunuh bakteri aktif dalam mulut.

 Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Anak Secara Alami

Itulah tadi beberapa tumbuhan herbal yang bisa anda tanam di sekitar rumah anda, sekarang tinggal anda ingin memelihara tumbuhan yang mana, semua tergantung keinginan anda, mulailah hidup sehat dari sekarang.

18 Responses to "11 Tumbuhan Herbal Berkhasiat Yang Bisa Ditanam Di Sekitar Rumah"

  1. ilmu banget nih gan, semangat bikin artikelnya..
    sukses selalu

    ReplyDelete
  2. yang saya sudah tanam cabe, seledri sama daun sirih. jika berkenang mampir gan di blog saya elysetiawan com hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap mas,, selain menambah hijau pekarangan,, juga dapat manfaatnya..

      Delete
  3. Kemangi, kumis kucing da n Bunga Matahari sdh ditanami istri di rumah. Artikelnya bagus da n bermanfaat Gan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx mas buat supportnya,, semoga artikelnya bermanfaat

      Delete
  4. Ternyata secara enggak langsung ketika merinci bumbu-bumbu masakan, ada khasiatnya masing-masing untuk kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. dan kita harus tau itu manfaatnya apa saja..
      thx ud mau berkunjung

      Delete
  5. Bisa buat refrensi nih 😂

    Kunjungi juga over-healthy.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Perlu ditanam buat yang punya sisa lahan kosong, daripada tidak dimanfaatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas,, manfaatkan lahan yang kosong untuk menambah hijau

      Delete
  7. kalau saya, harus selalu sedia kunyit gan, tanaman lidah buaya juga ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap mas,, selain memperindah, juga banyak manfaatnya

      Delete
  8. Herbal sangat penting untuk perawatan kesehatan ,tpi jangan berlebihan mengkomsumsinua

    https://www.infomediashare.com/2019/03/sidikalang-detik-detik-mobil-heri-jatuh.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang berlebihan itu memang tidak baik.. semoga bermanfaat

      Delete
  9. Inonesia memang kaya akan tumbuhan dan tanaman obat yang berkhasiat tinggi. Bahkan di seputaran rumah sendiri pun tumbuh berbagai tanaman yang bisa dijadikan obat.
    Sayangnya, sring tidak tahu manfaatnya untuk ngobati sakit apa.
    Terima kasih sudah diinfokan berbagai jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat.
    sodikin,com
    lintas12,com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel