Cara Mengobati Batuk Pada Anak Secara Alami, Orang Tua Harus Tau

mengobati batuk pada anak Secara alami

Akktif - Sebagai orang tua, tentunya harus tau bagaimana cara mengobati batuk pada anak. Mereka juga harus tau apa saja hal-hal yang membuat buah hati mereka terserang penyakit yang satu ini. Batuk pada anak biasanya berlangsung cukup sering hingga beberapa kali dalam sehari atau hingga beberapa minggu jika ternyata yang menyebabkannya adalah infeksi virus. Merupakan kondisi yang berbahaya apabila anak mengalami batuk selama lebih dari 3 mingguan, karena bisa jadi disebabkan karena virus yang berbahaya. Namun apapun penyebabnya, penyakit batuk jangan sekali-kali diremehkan dan diabaikan pengobatannya.

Ada banyak cara untuk mengobati Batuk pada Anak, disini saya akan menjelaskan beberapa cara untuk Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami  adalah sebagai berikut :
1. Air Pohon Lengkuas
2. Madu
3. Uap Air
4. Jahe
5. Air Jeruk Nipis + Kecap

 
Sejatinya, batuk bisa diatasi secara medis namun pada artikel ini saya akan menyampaikan kepada anda pengobatan yang bisa dilakukan secara alami. Tenang saja, karena metode ini sangat aman dan telah dilakukan secara turun temurun. Andapun bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahannya untuk diolah menjadi obat batuk untuk anak-anak. Berikut ini penjelasan cara mengolahnya menjadi obat batuk.

1. Air Pohon Lengkuas
Air pohon lengkuas ternyata sangat manjur dalam mengobati batuk anak, cara ini sudah ada sejak dahulu. Air lengkuas sangat efektif dalam meredakan batuk pada anak. Dibawah ini adalah cara mengambil Air Lengkuas langsung dari pohonnya. Yang anda sediakan adalah : Tali, Plastik bersih dan Pisau. Setelah itu anda ambil 3 sampai 5 pohon lengkuas, lalu potong ujungnya dan masukkan plastik bersih lalu ikat, lakukan pada sore hari dan ambil pada besok paginya. Minumkan 2 - 3 kali Sehari, Anda bias lihat seperti gambar dibawah ini.

Air Lengkuas Obat batuk

2. Madu
Madu sejak lama memang dikenal sebagai bahan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk diantaranya batuk. Hal ini disebabkan karena adanya zat antimikrobial dan antioksidan alami yang dapat memperkuat tubuh untuk melawan bibit penyakit. Caranya yaitu dengan memberikan 1/2 sendok teh madu untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun dan 1 sendok teh madu untuk anak berusia 6 sampai 11 tahun

3. Uap Air
Cara mengobati batuk pada anak selanjutnya adalah dengan menggunakan uap air. Pangku anak dan minta dia untuk menghirup uap air tersebut. Untuk hasil yang lebih baik, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih atau esensial menthol di dalamnya. Lakukan secara rutin hingga batuk anak semakin mereda.

4. Jahe

Jahe merupakan salah satu obat tradisional anak yang ampuh. Bahan alami yang satu ini mengandung antivirus yang ampuh melawan batuk. Anda juga bisa menambahkan madu supaya anak lebih suka saat mengkonsumsinya. Hangatnya wedang jahe membuat tenggorakan menjadi jauh lebih enak sehingga batuk berdahak bisa segera diatasi.

5. Air Jeruk Nipis + Kecap
Secara Alami Jeruk Nipis mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat mengobati batuk. Cara ini juga sangat manjur untuk dilakukan, bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga sangat dianjurkan. Ambil satu buah jeruk lalu peras dalam gelas, setelah itu campur dengan sedikit Kecap dan Lakukan 2 – 3 kali sehari.

Baca Juga : Imunisasi Anak Yang Harus Dilakukan
 
Anda dapat memilih salah satu dari kelima cara mengobati batuk pada anak. Jangan pernah abaikan, lakukan beberapa cara mengobati batuk pada anak tersebut supaya ia bisa sehat kembali dan beraktifitas seperti sedia kala.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

11 Responses to "Cara Mengobati Batuk Pada Anak Secara Alami, Orang Tua Harus Tau"

  1. kayaknya sya perlu belajar ini nih, sebelum jadi orangtua hehe, mantap artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,,, perlu donk mas,, kan bakalan jadi orang tua

      Delete
  2. terkadang bingung dibuatnya ketika menyaksikan anak semata wayang menderita batuk yang tak kunjung sembuh. bahkan ketika sudah di bawa ke dokter pun, tetap saja masih batuh. ternyata ada resep alami dan mudah. terima kasih sudah kasih info sehat yang bermanfaat.
    sodikin,com
    lintas12,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih semoga bermanfaat,, ditunggu kunjungan berikutnya,,

      Delete
  3. Tulisan yang mudah di pahami, seengaknya bisa diterapkan untuk saya hehe terimakasih­čśŐ

    ReplyDelete
  4. Siap saya coba kalau lagi batuk min, terimakasih nanbanyatas informasinya

    ReplyDelete
  5. Sy sama istri sering menggunakan jeruk nipis+kecap Gan. Dan itu sangat membantu. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga jeruk nipis + Kecap mas,, hehehe
      terimakasih sudah mampir

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel