Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Secara Alami Tanpa Operasi

cara menyembuhkan amandel


Akktif - Kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai cara menyembuhkan penyakit amandel atau yang juga dikenal dengan sebutan Tonsillitis dalam dunia medis. Adapun penyebab dari gangguan penyakit yang satu ini adalah karena virus dan juga bakteri. Adapun virus-virus yang membuat amandel semakin membengkak yaitu influenza, coronavirus, herpes simplex virus, adenovirus, dan Epstein-Barr virus

Berbeda dengan radang tenggorokan biasa, radang amandel terjadi pada kelenjar tonsil, yakni salah satu kelenjar yang mempertahanakan tubuh dari serangan pada saluran pernapasan. Radang amandel ditandai dengan gejala seperti demam, sakit saat menelan makanan, adanya perubahan warna putih atau kuning di daerah sekitar tonsil, serta bengkak dan kemerahan pada tonsil.

Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Secara Alami
Mungkin banyak dari anda yang mengira jika penyakit ini hanya bisa disembuhkan dengan jalan operasi saja, tidak bisa dengan cara lain. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, ada banyak sekali bahan-bahan tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah amandel. Berikut ini cara jitu menghilangkan amandel dengan bahan-bahan yang alami :

1. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung zat anti bakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab penyakit tonsilitis. Saya yakin, anda pasti memiliki bahan alami yang satu ini di rumah bukan? Lalu bagaimana membuat ramuan obat amandel dengan bahan jeruk nipis? Sangat mudah, anda tinggal menyiapkan dua jeruk nipis yang sudah disiapkan lalu peras airnya, tambahkan kapur sirih sebanyak 1/2 sendok teh, kemudian aduk dengan rata. Minum ramuan tersebut beberapa kali dalam sehari. Insyaallah lambat laun amandel yang diderita akan berangsur-angsur pulih.

2. Dengan Rebusan Kulit Manggis

Cara mengobati penyakit amandel tanpa operasi selanjutnya yakni dengan memanfaatkan kulit manggis. Buah ini memang dikenal sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, diantaranya radang tenggorokan dan amandel. Siapkan sekitar 15 gram dan minyak daun mint. Proses selanjutnya yakni dengan merebus kulit manggis sebanyak 2 botol air hingga tersisa 1 botol air. Selanjutnya teteskan minyak daun mint dan aduk hingga rata. Gunakan untuk berkumur dan lakukan secara rutin untuk menghilangkan amandel yang ada di tenggorokan.

3. Berkumur Air Garam
Obat alami untuk menyembuhkan amandel secara alamiah yang terakhir adalah air garam. Bahan yang satu ini meredakan rasa nyeri pada tenggorokan akibat adanya amandel. Larutkan sekitar satu sendok teh garam dan air hangat ke dalam gelas, berkumurlah dengan air tersebut guna meringankan radang amandel yang anda derita. Bila rasanya terlalu asin, anda bisa menambahkan madu alami agar sedikit lebih manis.


Itulah beberapa cara menyembuhkan penyakit amandel secara alami. Tentu sangat mudah dan aman untuk dilakukan. Kecuali jika amandel yang diderita sudah sangat parah, maka operasi adalah jalan terbaik yang harus ditempuh. Sekian dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Secara Alami Tanpa Operasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel