3 Cara Mengatasi Gatal Gatal yang Mengganggu

3 Cara Mengatasi Gatal Gatal yang Mengganggu

Akktif - Mengatasi Gatal Gatal yang Mengganggu Apakah benar menggaruk adalah cara mengatasi gatal gatal pada kulit yang paling tepat? Saya yakin selama ini anda melakukannya, dan cara tersebut sudah terlalu umum dilakukan. Padahal cara tersebut sejatinya tidak tepat dilakukan, apabila gatal tersebut disertai dengan ruam kulit yang kemerahan, lecet, benjolan, ada bintik-bintik, dan sertai kulit kering, bersisik, dan pecah-pecah. Rasa gatal bisa berlangsung dalam waktu yang singkat dan juga dapat dirasakan dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan bisa berhari-hari.
 

Adapun penyebab dari gatal bermacam-macam, tergantung dari jenis gatal itu sendiri. Salah satu yang kerap terjadi adalah ruam yang disebabkan karena alergi dan zat seperti poison ivy atau bahan kimia yang mengiritasi kulit. Perlu penanganan yang tepat jika gatal yang anda rasakan sudah disertai dengan kulit yang merah, bengkak, dan juga bergelombang. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan guna menghilangkan rasa gatal-gatal pada kulit :

 

Cara Mengatasi Gatal-gatal Secara Alami


Ingat, menggaruk kulit bukanlah cara terbaik untuk mengobati penyakit gatal  yang anda rasakan. Selain dengan menggunakan obat dari dokter kulit, anda juga bisa menggunakan bahan alami guna mengatasi gangguan yang satu ini. Apa saja bahan-bahan tersebut? Berikut ini adalah daftarnya?

1. Minyak Kelapa
Minyak Kelapa dapat anda jadikan sebagai obat gatal karena mampu membantu proses regenerasi sel-sel kulit sehingga bisa memperbaiki kulit yang rusak. Tak cuma itu saja, minyak kelapa apabila dioleskan ke kulit dapat mencegah timbulnya masalah kulit seperti iritasi dan bisa jadi pelembab bagi seseorang yang mengalami kulit kering.

2. Lidah Buaya
Cara mengatasi gatal-gatal secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Oleskan secara langsung gel lidah buaya ke kulit yang gatal atau terkena iritasi. Selain bersifat sebagai antimikroba, tanaman yang satu ini juga bertindak sebagai antiradang alami yang membantu mengurangi kemerahan, nyeri dan radang yang berhubungan dengan iritasi kulit. Dan yang juga tak kalah penting, lidah buaya juga memiliki sifat penenang yang bisa mengatasi kulit gatal.

3. Tea Tree Oil
Dan yang ketiga ada tea tree oil atau yang juga disebut sebagai minyak pohon teh. Bahan tradisional yang satu ini menjadi salah satu obat alternatif terbaik untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Hal ini dikarenakan minyak pohon teh memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang mampu mengobati iritasi pada kulit dan rasa gatal yang dirasakan. Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa, 2 tetes ekstrak lavender, dan 5 tetes minyak pohon teh, buat teksturnya seperti cairan lotion untuk kulit. Oleskan ke bagian yang gatal dan lakukan secara rutin.

Baca Juga : Cara Mengatasi Panas Dalam Tanpa Obat Kimia


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi gatal gatal yang mengganggu secara alami, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "3 Cara Mengatasi Gatal Gatal yang Mengganggu"

  1. aku kalo gatel nggak ketulungan, menghilangkannya pake minyak cap kampak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,, pengalaman pribadi kayaknya,,, makasi mas sudah mampir,,
      salam sukses

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel