5 Keuntungan Menggunakan Investasi Syariah Daripada Investasi Konvensional

5 Keuntungan Menggunakan Investasi Syariah Daripada Investasi Konvensional
Akktif - Apa saja sih keuntungan menggunakan investasi syariah? Apa iya lebih baik jika dibandingkan dengan investasi biasa? Sebenarnya keduanya sama-sama bagus. Hanya saja menurut sebagian orang, investasi syariah sedikit lebih baik karena menganut aturan agama sehingga terbebas dari riba. Investasi syariah bisa berupa apa saja, (pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan beberapa contohnya). Investasi jenis ini  memberikan berbagai keuntungan yang tidak bisa anda temukan pada investasi konvensional. Apa saja itu?
 

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Investasi Syariah?


Dibandingkan dengan investasi konvensional, investasi syariah dinilai lebih memberikan banyak benefit atau manfaat diantaranya sebagai berikut :

1. Terbebas dari Riba
Riba adalah melebih-lebihkan jumlah pinjaman atau menetapkan bunga pada saat pengembalian berdasarkan presentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang telah dibebankan kepada peminjam. Dan jelas hal itu sangat dilarang menurut ajaran agama Islam. Namun dengan investasi syariah, kamu tak perlu takut lagi. Pasalnya jenis investasi ini memberikan perlindungan kepada anda dari ancaman riba.

2. Ada Dasar Hukumnya
Benefit selanjutnya adalah investasi syariah juga mempunyai dasar hukum yang kuat sehingga bisa memberikan perlindungan bagi penggunanya. Semua telah tercantum di dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. Selain itu pelaksanaan investasi syariah mendapatkan pengawasan langsung dari Dewan Syariah Nasional MUI.

3. Memberikan Manfaat Secara Sosial
Keuntungan menggunakan investasi syariah berikutnya adalah memberikan manfaat tidak hanya secara finansial, tetapi juga secara sosial. Dengan adanya investasi syariah membuat para pengusaha dapat memperluas bisnis atau usahanya. Bukan sekedar itu saja, investasi syariah juga berperan dalam mengurangi angka pengangguran yang selama ini sering dikeluhkan. Jadi, 2 benefit bisa langsung anda rasakan.
 
4. Jauh Lebih Aman
Investasi syariah memberikan anda jaminan yang jauh lebih tinggi. Anda bakalan terhindar dari  informasi yang tidak jelas serta informasi yang menyesatkan para calon investor. Investasi jenis ini juga harus menjauhi dari transaksi yang mengandung unsur judi dan juga hal-hal yang masyir. Jadi, anda tak perlu khawatir lagi mengenai hak ini dan dapat menyerahkan uang kepada pengusaha tanpa rasa khawatir.

5. Investasi Sesuai Syariat Islam
Dan yang pasti, investasi syariah berjalan sesuai dengan syariat Islam seperti yang telah disinggung sebelumnya. Investasi ini telah memenuhi berbagai syarat dan kriteria diantaranya mempunyai barang yang halal, dilakukan dengan cara yang halal, dan  yang tidak kalah penting adalah digunakan secara halal juga.

Nah, apakah anda saat ini masih berinvestasi secara konvensional? Atau sudah beralih investasi syariah? Supaya lebih aman, saya sarankan untuk menggunakan investasi syariah saja karena tidak hanya diatur secara hukum negara saja, tetapi juga secara hukum Islam. Namun meski begitu, pilihan tetap pada anda.

Baca Juga : Jenis-jenis Investasi Syariah yang Menguntungkan

Akhir kata, demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai keuntungan menggunakan investasi syariah, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih. Ingat, bijak-bijaklah anda dalam berinvestasi di dunia ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "5 Keuntungan Menggunakan Investasi Syariah Daripada Investasi Konvensional"

  1. Heemm! Menarik juga nih untuk saya pelajari tentang pemahaman untuk investasi syariah..😄😄 Thanks sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja untuk berinvestasi mase,, salam sukses

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel