6 Tanaman Herbal Yang Ampuh Meredakan Sakit Kepala

6 Tanaman Herbal Yang Ampuh Meredakan Sakit Kepala
Akktif - Ada bermacam jenis sakit kepala, seperti sakit kepala sebelah (migrain) ada juga sakit kepala berkepanjangan. Sakit kepala atau pening pasti pernah dirasakan semua orang, biasanya kita akan merasakan nyeri pada bagian kepala dan mata mulai menjadi tidak fokus kemudian kondisi tubuh menjadi lemas dan lain sebagainya. Biasanya sakit kepala ini ialah gejala dari demam,atau diakibatkan oleh kondisi tubuh yang terlalu letih (kecapean).
 
Tak tanggung-tanggung sakit kepala ini bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak hingga orang dewasa, meskipun begitu, memang resiko yang ditimbulkan ini tidak terlalu berbahaya, namun tetap saja kita pastinya akan merasa sangat tidak nyaman jika mengalami sakit kepala ini.
 

Apa sajakah tumbuhan herbal yang dapat meredakan Sakit Kepala?


Jika anda terserang sakit kepala, jangan khawatir karena ada banyak cara untuk mengobatinya terutama menggunakan bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan. Disini kami akan memberikan beberapa jenis tumbuhan herbal yang bisa anda gunakan untuk meredakan sakit kepala.

1.  Ubi Kayu
Selain bisa digunakan sebagai bahan pangan pengganti nasi, siapa sangka bahwa tumbuhan ubi kayu juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala, yang kita gunakan disini bukanlah batang atau ubi kayunya melainkan daun ubi kayu yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua.
 
Caranya yaitu dengan mengambil 3-5 lembar daun ubi kayu kemudian ditumbuk hingga halus lalu digunakan sebagai kompres dengan mengoleskan daun ubi kayu yang sudah halus di bagian kepala yang terasa pening.

2.  Kentang
Sakit kepala bisa juga disebabkan akibat tubuh kekurangan kandungan kalium, kentang sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki banyak kandungan kalium ini bisa mengganti kandungan kalium yang hilang didalam tubuh dan kemudian meredakan nyeri pada kepala.
 
Namun cara mengkonsumsinya juga harus tepat, yakni anda harus mengkonsumsi kentang rebus yang tidak terlalu matang, untuk konsumsi jenis kentang lain mungkin akan kurang efektif karena jika dimasak menggunakan metode lain, kandungan-kandungan di dalam kentang akan berkurang.

3.  Temulawak
Biasanya temulawak ini digunakan sebagai bahan dasar jamu, dan juga digunakan untuk perawatan kulit. Ternyata temulawak ini bisa digunakan juga sebagai obat untuk meredakan sait kepala, cara mengkonsumsinya hampir sama seperti membuat jamu, namun kali  ini bahan dasarnya hanyalah jamu, yaitu dengan cara mengiris tipis-tipis temulawak, lalu dijemur hingga kering kemudian ditumbuk lalu direbus dengan sedikit air, air rebusan temulawak tadi diminum saat masih panas, cara ini terbukti ampuh untuk menghilangkan sakit kepala.
 


4.  Bawang Putih
Bawang putih terbukti ampuh untuk meredakan rasa sakit kepala, bawang putih memiliki kandungan anti oksidan tinggi yang tentu saja mampu melancarkan peredaran darah dan dapat mengurangi rasa nyeri di bagian kepala. Cara menggunakannya adalah dengan mengupas kulit bawang putih kemudian ditumbuk sampai halus lalu digunakan sebagai kompres, sebaiknya bawang putih ini tidak digunakan oleh anak-anak karena akan ada hawa panas dari bawang putih sehingga anak-anak mungkin tidak akan tahan dengan panasnya, oleh karena itu cara ini sangat tidak dianjurkan digunakan pada anak-anak.

5.  Daun Teh Alami
Memang bagi kita yang tidak tinggal di daerah pegunungan atau pedesaan, memang cukup sulit untuk mendapatkan daun teh alami yang masih segar, jika kita konsumsi teh secara rutin akan sangat bermanfaat bagi tubuh yakni menjaga suhu tubuh dan meningkatkan kandungan vitamin. Selain itu teh bisa kta gunakan untuk mengobati migrain, caranya ialah dengan menyeduh daun teh dengan air mendidih kemudian diminum, bisa juga dengan mencampurkan madu ataupun jeruk nipis tergantung dengan selera anda.

6.  Kemangi
Biasa digunakan sebagai teman lalapan, kemangi ternyata mampu mengobati berbagai macam penyakit. Kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas dan memiliki kandungan anti oksidan tinggi. Kemangi juga bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sakit kepala, caranya adalah dengan merebus beberapa helai daun kemangi pada air mendidih kemudian diminum.
 
Beberapa tanaman diatas bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit kepala, semua bahan-bahan diatas merupakan bahan alami dan sudah terbukti sangat ampuh untuk meredakan sakit kepala ataupun nyeri pada bagian kepala.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "6 Tanaman Herbal Yang Ampuh Meredakan Sakit Kepala"

  1. bermanfaat, memang bawang putih memang dapat menyembuhkan beberapa penyakit gan salah satunya sakit kepala.

    salam www.teknologivirals.online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx mas sudah mampir,, semoga bermanfaat. salam sukses

      Delete
  2. wah artikel bagus ni kang,,, herbal alami sesungguh obat yang paling mujarab

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener,,, jangan biasakan dengan obat kimia terus..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel