9 Tumbuhan Yang Mampu Mencegah Kanker

Tumbuhan Yang Mampu Mencegah Kanker
Gambar : Pixabay
Akktif - Sejak dahulu Tumbuhan atau Tanaman sudah digunakan dalam pengobatan yang mampu mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit yang sudah sejak lama memang menjadi momok mengerikan dalam dunia kesehatan, tak sedikit populasi dunia berkurang diakibatkan penyakit berbahaya ini. Penyebab dari kanker sendiri bermacam-macam dan mampu menyerang berbagai kalangan usia. Kanker sendiri terdiri dari berbagai macam jenis seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker mata dan lain sebagainya.
 
Sampai saat ini bahkan para ahli belum benar-benar menemukan obat yang tepat  untuk menyembuhkan penyakit kanker,meskipun memang dari beberapa kasus bisa kita lihat bahwa ada beberapa orang yang berhasil lolos dari penyakit berbahaya satu ini dan kembali hidup normal seperti sediakala,namun tetap saja kemungkinannya sangat kecil bagi kita. Nah maka dari itu yang perlu kita lakukan ialah mencegah karena seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.
 

Beberapa Tumbuhan ini Dipercaya Mampu Membantu dalam Mencegah Kanker


Bertahun-tahun riset sudah terus menerus dilakukan, berbagai macam jenis varian obat baik organik maupun non organik yang mampu mencegah kanker ditemukan, banyak juga tumbuhan herbal yang bisa mencegah datangnya penyakit kanker ini. Berikut adalah beberapa tumbuhan yang dipercaya mampu mencegah datangnya penyakit kanker :

1. Kunyit
Kunyit atau dalam bahasa ilmiah curcuma longa adalah tumbuhan yang sejauh ini sudah banyak digunakan sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan seperti untuk mengobati masalah hati, alergi, peradangan dan lain sebagainya. Namun siapa sangka bahwa ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk mencegah kanker.

Setelah dilakukan riset, ditemukan kandungan dalam kunyit yang mampu menghentikan migrasi sel-sel kanker didalam tubuh yang mana tentunya berfungsi untuk menghentikan penyebaran sel-sel kanker ke seluruh tubuh dan memperburuk gejalanya.

2. Bawang
Berdasarkan riset yang dilakukan di Insitut Mario Italia,didapatkan hasil bahwa bawang (allium cepa) memiliki berbagai macam kandungan yang dipercaya dapat mencegah datangnya penyakit kanker serta melawan kanker. Bawang memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi yang mampu melawan sel-sel kanker, selain itu bawang memiliki salah satu senyawa yang biasa disebut quercetin, dimana senyawa tersebut mampu menghentikan perkembangan sel-sel tumor ataupun kanker.

3. Kayu Manis
Kayu Manis juga bisa kita gunakan sebagai obat untuk mencegah datangnya penyakit kanker jika dikonsumsi secara rutin, kayu manis tidak hanya bisa digunakan sebagai pencegah kanker tapi juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengatur suhu tubuh dan juga bumbu dapur.

Didalam kayu manis terdapat kandungan yang mampu menghentikan perkembangan H.Pylori yang mana merupakan salah satu bakteri penyebab penyakit kanker, terutama kanker usus.

4. Teh
Siapa sangka teh bisa mencegah penyakit kanker?mungkin banyak orang yang tidak menyadarinya. Teh mengandung kadar anti oksidan yang tinggi sama seperti bawang, kandungan anti oksidan ini terdapat pada berbagai macam jenis teh baik itu teh hijau, teh putih, maupun teh oolong.

Teh juga mengandung kadar glikemik rendah yang memiliki senyawa dimana mampu membersihkan tubuh dari berbagai macam jenis bakteri. Jika dikonsumsi secara rutin,anda tentunya akan terhindar dari penyakit kanker.

Adakah Tumbuhan Lain yang Dapat Membantu Mencegah Kanker ?


5. Mengkudu
Mengkudu memang dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak khasiat di dunia kesehatan, salah satunya adalah untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Di dalam mengkudu terdapat kandungan atau zat Dammacanthel yang merupakan salah satu zat yang dapat melawan sel-sel kanker didalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin dengan memilih mengkudu yang belum terlalu matang dan tidak terlalu muda, kemudian peras airnya dan campurkan dengan madu.

6. Jahe
Tidak hanya sebagai rempah untuk masakan, ternyata jahe menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Dikenal sebagai herbal yang mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, ternyata jahe juga bisa digunakan untuk mencegah sel kanker. Kandungan gingerol dalam jahe dapat menghambat perkembangan tumor maupun menyebabkan kematian sel-sel kanker pada manusia.
 
7. Lidah Buaya
Selain untuk tanaman hias dalam pekarangan kita, Lidah buaya juga memberi manfaat yang beraneka ragam untuk makanan, kecantikan bahkan kesehatan. Didalam lidah buaya terdapat kandungan senyawa hidroksimetil yang jika dikonsumsi, kandungan senyawa ini akan bekerja pada saluran pencernaan dan mematikan bakteri-bakteri yang dapat menumbuhkan sel kanker pada saluran kemih manusia.

8. Lada Hitam
Lada Hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh manusia, selain itu terdapat juga kandungan piperin di dalam lada hitam yang mampu membunuh bakteri-bakteri di dalam tubuh sehingga dapat membantu anda untuk mengurangi terkena penyakit.

9. Biji Anggur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa phytochemical dalam biji anggur memiliki anti-tumor atau kemampuan pencegahan kanker yang kuat dapat diisolasi dari biji anggur itu. Proanthocyanidins sangat penting diperhatikan, karena ini telah ditemukan untuk menghentikan sel-sel kanker pankreas yang menyebar atau bermigrasi.

Satu tim peneliti di Universitas Colorado menunjukkan bukti bahwa ekstrak biji anggur efektif terhadap kanker kolorektal. Ekstrak dari ekstrak biji anggur memicu kematian sel-sel kanker jenis ini. Bahkan, semakin berkembangnya sel kanker, semakin baik ekstrak biji anggur bekerja untuk membatasi pertumbuhan dan kelangsungan hidup sel kanker. Ekstrak biji anggur ternyata tidak hanya menyebabkan kematian sel kanker, tetapi tidak membahayakan sel-sel sehat dalam tubuh.

 

Proanthocyanidins dalam ekstrak biji anggur dilaporkan menghambat pertumbuhan kanker usus besar. Proanthocyanidins terakumulasi dalam jumlah besar di usus besar karena tidak terserap dengan baik di lambung. Ini adalah kabar baik, karena proanthocyanidin dapat menghentikan sel-sel kanker lebih efisien ketika mereka di usus besar.

5 Responses to "9 Tumbuhan Yang Mampu Mencegah Kanker "

  1. Info yang sangat bermanfaat, tapi untuk mengonsumsi biji anggur gimana caranya om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Extrac biji anggurnya om,, mungkin ada di jual.. thx ud mampir

      Delete
  2. Semua di sebutkan di atas sering kali kami konsumsi. Sejauh ini memang setelah mengonsumsi beberapa item di atas tubuh terasa bebas dari penyakit.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel