Cara Mengatasi Panas Dalam Tanpa Obat Kimia

Cara Mengatasi Panas Dalam Tanpa Obat Kimia

Akktif - Banyak orang yang bertanya mengenai bagaimana cara mengatasi panas dalam yang membuat penderitanya merasa hal yang tidak nyaman di bagian tenggorokan. Panas dalam sendiri sejatinya bukan merupakan sebuah penyakit dan tidak ada dalam istilah medis. Panas dalam merupakan gejala yang menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan. 

Biasanya orang yang mengalami panas dalam akan mengalami tanda-tanda seperti gangguan pada mulut (sariawan dan bibir pecah-pecah), gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan tenggorokan kering. Penderita biasanya juga merasakan badan meriang dan bersin-bersin. 

 

Cara Mengatasi Panas Dalam Tanpa Obat


Selama ini mungkin kamu langsung membeli obat-obatan di warung guna meredakan panas dalam yang diderita. Padahal, hal tersebut kurang tepat dilakukan apabila kamu mengkonsumsi obat-obatan kimia tanpa resep dari dokter. Lantas, bagaimana solusinya? Kamu bisa menggunakan cara tradisional untuk mengatasi panas dalam. Berikut ini penjelasannya :

1. Mengobati Panas Dalam dengan Air Garam
Berkumurlah dengan air garam, maka sariawan dan sakit tenggorokan yang kamu rasakan sedikit lebih membaik daripada sebelumnya. Sediakan  segelas air putih hangat dan campurkan 1,5 sendok teh garam. Kumur-kumur selama kurang lebih 15 detik di tenggorokan dan di mulut (jika kamu sariawan). Lakukan secara rutin 1-3 kali sehari untuk hasil yang terbaik.

2. Makan Sayur dan Buah
Sayur dan buah-buahan segar merupakan makanan pereda panas dalam yang sangat mudah kita temukan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sembelit merupakan salah satu dari tanda-tanda panas dalam dan bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat. Contohnya seperti wortel, terong, buah pepaya, dan jeruk. Dengan memakan makanan tersebut maka pencernaan kita menjadi jauh lebih lancar.

3. Banyak Minum Air Putih
Dan cara mengatasi panas dalam yang ketiga adalah dengan rutin minum air putih atau yang mineral. Bagi kamu yang mengalami bibir pecah dan tenggorokan kering sangat disarankan untuk banyak minum air putih setidaknya 8 gelas per harinya guna mengganti cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga :  Cara Menyembuhkan Amandel Tanpa Operasi

Jadi, sejatinya cara mengatasi panas dalam bisa kamu lakukan dari dalam rumah saja, tanpa perlu obat-obatan kimia. Jangan lupa istirahat yang cukup dan jika dalam beberapa hari belum ada tanda-tanda kesembuhan, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Cara Mengatasi Panas Dalam Tanpa Obat Kimia"

  1. panas dalam memang terasa menganggu di tenggorokan. ada rasa panas di situ. belum lagi kalo muncul sariawan... hadeh
    resep yang disajikan sangat mudah dilakukan. terima kasih sudah dibagikan.
    sodikin,com
    lintas12,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas sudah mampir,, semoga bermanfaat,,
      salam sukses

      Delete
  2. Ternyata dengan hal yang sederhana dan sering ada di rumah bisa juga mengobati panas dalam tanpa obat"an.

    Kalo saya mengalami panas dalam, udah langsung kewarung dan beli obat.

    Terimakasih, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. buah buahan dan air putihya boleh dingin nggak?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel