Inilah Cara Mengobati Mimisan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif

Cara Mengobati Mimisan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif

Akktif - Bahaya Mimisan banyak terjadi pada Anak-anak tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya. Kenali Penyebab mimisan, Bagi kamu yang sering menderita mimisan, sangat tepat sekali datang ke situs ini, karena kami akan menjelaskan bagaimana cara mengobati mimisan secara cepat dan juga efektif. 

Mimisan sendiri merupakan suatu kondisi dimana hidung seseorang mengalami pendarahan. Darah dapat keluar kedua lubang hidung atau hanya dari 1 lubang saja dengan durasi yang berbeda-beda. Ada yang sebentar hanya beberapa detik, dan ada juga yang lama sampai lebih dari 10 menit.

Hampir semua orang pernah mengalami hal ini dan membuat mereka merasa lemas dan panik. Mimisan dapat terjadi pada anak-anak maupun lansia yang ditandai dengan gejala-gejala seperti sinusitis, demam atau alergi, cedera hidung, iritasi senyawa kimia, proses buang ingus yang terlalu kencang, hidung tersumbat, dan masih banyak penyebab yang lainnya.
 

Cara Mengobati Mimisan dengan Cepat dan Tepat

Seseorang yang terkena atau terserang mimisan harus segera ditangani dan diberikan pertolongan pertama. Apa yang harus dilakukan? Simak pembahasannya berikut ini :

1. Duduk Tegak dengan Mengarahkan Tubuh Ke Depan
Cara menghentikan mimisan yang pertama di awali dengan memposisikan diri duduk secara tegak dan mengarahkan tubuh ke arah depan. Hal dilakukan dengan tujuan supaya mencegah darah kembali masuk ke hidung atau saluran napas. Jangan sekali-kali berbaring atau menengadahkan kepala ke belakang karena hal tersebut mengakibatkan darah kembali masuk ke dalam hidung. Dengan penanganan awal yang baik, niscaya akhirnya juga akan baik.

2. Lakukan Pencet Cuping Hidung Kurang Lebih 10 menit
Setelah duduk, pencet cuping hidung anda dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk selama 10 menit. Tetapi sebelumnya coba melakukan pernapasan mulut terlebih dahulu. Pemencetan tersebut dilakukan dengan tujuan memberikan penekanan pada titik perdarahan agar darah berhenti mengalir. Alhasil, darah yang keluar bisa diminimalisir daripada sebelumnya.

3. Kompres dengan Air Dingin
Cara mengobati mimisan selanjutnya yaitu dengan mengompres hidung anda dengan air dingin. Tetapi jangan langsung menggunakan es batu dan ditempelkan ke hidung, tetapi bungkus es batu tersebut dengan kain lembut atau handuk, lalu tempelkan ke hidung guna menghentikan darah mimisan.
 

# Segeralah bawa kedokter jika lebih 10 menit mimisan tak kunjung berhenti.


 
Jika tiada tanda-tanda kesembuhan walaupun anda sudah melakukan ketiga cara mengobati mimisan di atas, silakan pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Inilah Cara Mengobati Mimisan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel