Insomnia? Inilah 7 Tanaman Untuk Obati Susah Tidur

Susah tidur Insomnia

Akktif - Insomnia adalah gejala dimana seseorang merasakan sulit tidur, sering terbangun di malam hari, merasa lelah ketika bangun tidur, kemudian sering merasa kecapekan. Hal ini tentunya tidak bisa dianggap remeh, karena tidur merupakan salah satu kebutuhan khusus yang sangat diperlukan tubuh, tentu akan banyak akibatnya jika kita kekurangan jam tidur dikarenakan insomnia.
 
Kemudian jika begitu apa yang harus di lakukan? Sebenarnya untuk mengatasi insomnia ini anda perlu mengatur kegiatan – kegiatan anda dan melakukan pola hidup sehat, namun tentu saja semua itu tidak semudah yang difikirkan karena dibutuhkan waktu berhari-hari untuk membiasakan diri. Nah untuk membantu kita mengatasi insomnia dan merubah pola hidup sehat, kita bisa mencoba terapi dengan tumbuhan – tumbuhan herbal yang dapat mengatasi kondisi insomnia.

 

Berikut ini adalah 7 tumbuhan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi insomnia.

1.  Kaktus
Mungkin sedikit membingungkan bagi anda, jika saya masukkan kaktus dalam list tumbuhan yang dapat mengatasi insomnia,bagaimana bisa? tumbuhan kaktus, mampu menetralisir udara yang ada di sekitarnya, jika diletakkan di dalam ruangan tidur, maka kaktus akan bekerja menetralisir udara sehingga udara di dalam ruangan akan terasa lebih segar.
 
Jika kondisi ruangan tidak segar, tentu akan berpengaruh terhadap nyaman atau tidak nyamannya anda tidur, namun jika anda meletakkan kaktus di dalam ruangan tidur atau kamar anda, udara akan menjadi lebih segar dan anda bisa tidur dengan nyaman.

2.  Lavender
Lavender menghasilkan aroma yang sangat khas, aroma yang dikeluarkannya akan memberikan kesegaran di dalam ruangan dan memberikan sifat relax atau santai sehingga anda akan dapat lebih tenang beristirahat.

3.  Lidah Buaya
Lidah buaya termasuk salah satu tumbuhan herbal yang memiliki banyak sekali khasiat baik itu untuk kesehatan rambut, kecantikan dan lain sebagainya. Biasanya mungkin kita banyak melihat orang-orang merawat lidah buaya untuk tanaman outdoor atau luar ruangan, sebenarnya anda bisa juga meletakkan lidah buaya di dalam ruangan dan sangat dianjurkan bagi anda yang sering mengalami kondisi insomnia. Lidah buaya mampu bekerja untuk membersihkan kondisi udara yang ada di sekitarnya.

4.  Rosemary
Tumbuhan Rosemary
Bentuk daunnya mirip seperti pohon natal, Rosemary ini memiliki sifat anggun, bentuk daunnya juga teratur sehingga terkesan sangat indah, ternyata tumbuhan ini juga bermanfaat sangat penting bagi orang-orang yang sering mengalami insomnia, tumbuhan ini dipercaya mampu mengoptimalkan kinerja otak kita lewat aroma yang dikeluarkan. Tentunya jika otak kita bekerja secara optimal, kita akan bisa lebih tenang beristirahat.

5.  Selada
Tumbuhan yang biasa kita gunakan sebagai teman lalapan ini juga sangat bermanfaat untuk orang-orang yang mengalami gangguan insomnia, didalam daun selada terdapat kandungan zat yang bekerja seperti obat dengan efek samping yang membuat kita mudah ngantuk, namun bedanya selada ini lebih alami dan tidak menimbulkan efek ketergantungan, biasanya orang-orang yang mengalami insomnia akan mengonsumsi jus selada untuk mengatasi insomnia mereka, dan cara ini ternyata terbukti sangat ampuh.

6.  Chamomile
Chamomile atau kamomil merupakan tumbuhan yang masih satu keturunan keluarga bunga Matahari, namun ukurannya agak sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan bunga matahari. Kamomil ini sangat efektif jika digunakan untuk mengatasi insomnia, kamomil memiliki zat alami yang mampu menimbulkan rasa kantuk dan merilekskan otot-otot tubuh sehingga kita akan lebih mudah beristirahat, selain itu kamomil juga bisa digunakan sebagai penyegar tubuh.

7.  Lemon Balm
Lemon Balm dulunya sangat sering sekali digunakan sebagai obat penenang, biasanya digunakan untuk melenturkan kondisi tubuh dan menenangkan fikiran. Lemon balm juga sangat efektif jika digunakan untuk mengatasi insomnia, aroma yang dihasilkan lemon balm dapat menetralisir udara dan melancarkan kinerja otak.

 

Baca Juga : 11 Tumbuhan Herbal Berkhasiat

Itulah tadi 7 tumbuhan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gangguan insomnia, selain menggunakan tumbuhan herbal diatas, tentunya anda juga harus rutin melakukan pola hidup sehat dan membiasakan diri untuk berolah raga dan juga jangan terlalu lelah.

Oo iya,,, disini saya juga ingin memberi tau sebuah artikel menarik karya mas Abdul Majid Tentang Insomnia Ditemani Kodok dan jangkrik dan banyak lagi artikel dia yang menarik lainnya, cobalah sahabat kunjungi.

10 Responses to "Insomnia? Inilah 7 Tanaman Untuk Obati Susah Tidur"

  1. wah lha kok pas banget dengan diriku. pucuk dicinta ulam tiba. aku termasuk yang susah tidur mas. kadang hingga menjelang subuh. bahkan pernah tidak tidur sedetikpun selama 24 jam.
    ternyata ada tanaman-tanaman yang bisa mengatasi permasalahan tidurku.
    terima kasih sudah berbagi info sangat berguna buatku.
    sodikin,com
    lintas12,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih loh mase dah mampir,,, semoga membantu ya,,
      salam sukses

      Delete
  2. kebetulan di dapur saya cuma ada selada, seladanya harus dijadikan jus emang ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan,, boleh dicampur dengan yang lainnya misalnya buah,,
      semoga bermanfaat,,

      Delete
  3. sempat mengalami penyakit ini beberapa tahun yang lalu. tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa teratasi. tapi ini bisa dijadikan referensi apabila nanti ada teman atau sahabat yg insomnia. bisa disaranin mampir e blog ini.

    salam www.teknologivirals.online

    ReplyDelete
  4. kangkung tidak masuk ya om? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak masukkan mf,, sebernya bisa juga itu kangkung,,,
      thx sarannya mas

      Delete
  5. Benar-benar baru tahu kalau banyak tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengatasi insomnia, terutama kaktus. Selama ini menganggap kaktus hanya sebagai tanaman hias, tapi ada manfaat lain yang bisa diambil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, kadang kita kurang paham dengan manfaat tumbuhan disekitar kita,, semoga bermanfaat. salam sukses

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel