Cara Mengisi e-Biling Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak Online

Akktif - Bagi anda seorang Pegawai Dinas baik itu ASN, Polri, TNI harus mengerti untuk mengisi e-Biling Surat Setoran Elektronik (SSE) untuk pembayaran pajak secara online. Kalau anda belum mengerti cara mengisi e-Biling secara online, dapat membaca ulasan dibawah ini.

Bagaimana Mengisi Form e-Biling Surat Setoran Elektronik?


Untuk mengisi e-Biling Surat Setoran Elektronik (SSE) anda harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah anda memiliki akunnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengisinya :
  • Kunjungi Website resminya di sse3 pajak  
  • Setelah itu anda akan diminta untuk Login Menggunakan Nomor NPWP.
  • Isikan data dengan NPWP yang Sudah didaftakan dan jangan sampai lupa paswordnya. Masukkan kode yang diberikan dengan benar, lalu klik login.
Anda dapat melihat tampilan untuk login adalah sebagai berikut :

Cara Mengisi e-Biling Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak Online
Setelah Login, Anda akan dibawa kehalaman berikutnya, klik saja gambar seperti dibawah ini :

Cara Mengisi e-Biling Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak Online

Nah, anda akan dibawa ke halaman FORM SURAT SETORAN ELEKTRONIK, isilah data pajak yang akan anda bayarkan. Adapun point-point yang akan anda isi adalah sebagai berikut :

1. Jenis Pajak
Pilihlah jenis pajak apa yang akan anda bayarkan, seperti PPN Dalam Negeri, PPh Pasal 21, PPh Pasal 22, PPh Pasal 23.

2. Jenis Setoran
Jenis Setoran di isi sesuai bidang anda, Misal pada Jenis Pajak saya pilih PPN Dalam Negeri dengan Jenis setoran saya isi dengan Pemungut Bend APBD.

3. Masa Pajak
Untuk masa pajak anda dapat mengisi lamanya masa pajak, atau mengabaikannya saja. Karena otomatis akan mengisi sesuai tanggal di komputer anda.

4. Tahun Pajak 
Secara otomatis tahun akan terisi, anda dapat mengabaikannya saja bila sudah sesuai dengan tahun dimana anda melakukan pengisian e-Biling.

5. Subjek Pajak 
Pada Subjek pajak anda akan diminta untuk meilih NPWP yang akan dipakai untuk pembayaran pajak. Anda dapat memilih NPWP Sendiri atau NPWP Lain. Jika Anda memilih NPWP Lain maka anda akan diminta untuk mengisi NPWP tersebut. Pastikan NPWP yang anda input benar adanya, dengan memeriksa hasil setelah anda memasukkan NPWP tersebut.

6.  Jumlah Setor
Masukkan jumlah setor yang akan anda bayarkan, pastikan juga angka yang anda input sudah benar.

7. Uraian 
Anda dapat mengisi uraian yang sesuai dengan pajak yang hendak anda bayarkan. atau anda dapat mengabaikannya, jika menurutmu tidak perlu untuk di isi. 

Setelah selesai mengisi data dengan benar, jangan lupa untuk mengecek kembali data yang telah anda input. Jika sudah benar lalu pilih Simpan, setelah itu Pilih Kode Biling, terakhir pilih Cetak Biling. Tampilannya akan seperti ini :

Cara Mengisi e-Biling Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak Online
Anda dapat mencetak langsung atau menyimpannya dengan Format PDF pada komputer anda. Lebih baik jika anda mengunduhnya, jika sewaktu-waktu anda butuh data tersebut anda tinggal mencetak kembali.


Itulah Cara Mengisi e-Biling Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak Online yang dapat saya bagikan. Apabila ada kesulitan atau pertanyaan yang ingin anda tanyakan, silahkan isi pada kolom komentar.

 

2 Responses to "Cara Mengisi e-Biling Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak Online"

  1. Ini yang sedang dicari-cari. Mau bayar pajak secara online belum bisa-bisa.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel