4 Cara Mudah Memperkecil Ukuran PDF Online / Offline

Akktif - Pernah mengalami masalah saat mengirim file PDF melalui email karena terlalu besar? Ada banyak cara kompres atau mengecilkan ukuran file PDF, agar lebih mudah untuk dikirim melalui email.

4 Cara Mudah Memperkecil Ukuran PDF Online / Offline

Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk Memperkecil Ukuran PDF baik online maupun offline. Selain menggunakan perangkat lunak peredam PDF, kami juga dapat menggunakan aplikasi lain seperti Microsoft Office - Word atau Adobe Acrobat XI Pro.

Penting sangat Disarankan bahwa setelah pdf anda dikompresi menjadi lebih kecil, periksa ulang file dan bandingkan dengan file yang asli, karena proses ini dapat mengurangi kualitas gambar atau membuat dokumen diprose kurang bagus / sulit dibaca / kabur.
 

Bagaimana Cara Untuk Memperkecil Ukuran PDF secara Online maupun Offline?
 

Sesuai dengan judulnya, saya akan membagikan tips tentang cara mengurangi ukuran pdf agar lebih kecil dengan hasil yang bervariasi tergantung pada konten / konten file itu sendiri, karena jika ada banyak gambar hasilnya tidak terlalu signifikan , dan berikut adalah beberapa metode untuk dipilih.
 
1. Cara Mengurangi Ukuran PDF Online
Ada banyak situs yang menyediakan layanan kompresi pdf, dan dari beberapa yang saya coba salah satu yang terbaik adalah smallpdf. Situs ini mudah digunakan, tidak perlu mendaftar dulu, cukup unggah, lalu kompres dan unduh hasilnya, berikut langkah-langkahnya.
  • Kunjungi halaman Small Pdf
  • Kemudian seret & jatuhkan file pdf dari PC Anda atau klik "Pilih File".
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengunggahan selesai 100% dan proses kompres berjalan secara otomatis.
  • Setelah selesai klik "Unduh File Sekarang"

2. Mengurangi Ukuran File PDF Dengan Microsoft Word
Bagi Anda yang memiliki aplikasi Office 2013, maka Anda bisa menggunakan MS Word 2013 untuk mengurangi ukuran PDF, dan berikut ini ringkasannya.
  • Buka Word 2013 lalu Pilih File - Buka dan cari file PDF Anda.
  • Ketika kita membuka file pdf di Office, itu akan secara otomatis dikonversi ke kata pertama. Jika ada pemberitahuan pop-up klik OK untuk melanjutkan.
  • Setelah dokumen terbuka, file Save As kembali ke PDF dengan memilih File - Save As (atau CTRL + S).
  • Pilih Simpan sebagai tipe: PDF (* .pdf) dan Optimalkan untuk: Ukuran minimum (penerbitan online), lalu klik Simpan untuk menyimpan.

3. Menggunakan Adobe Acrobat XI PRO
Alternatif ketiga yang bisa dilakukan untuk kompres file PDF adalah dengan menggunakan Adobe Acrobat, dan kali ini saya menggunakan Adobe Acrobat XI PRO, begini caranya.
  • Jalankan Adobe Acrobat lalu buka file PDF Anda.
  • Selanjutnya pilih File Menu - Save As Other - Reduced Size PDF.
  • Aktif Buat kompatibel dengan: Simpan yang ada lalu OK
  • Akhirnya simpan file dengan nama baru.
  • Jika tidak jelas, silakan baca panduan lengkap di sini Kompres File PDF dengan Adobe Acrobat.

4. Menggunakan ORPALIS PDF Reducer Free
Ini adalah alternatif ke-4 dan sangat cocok bagi Anda yang mencari perangkat lunak gratis, mudah digunakan dan aman karena Anda tidak perlu mengunggah file seperti ketika mengompres online dalam smallpdf, berikut adalah panduan singkat.

  • Unduh dan pasang dari sini http://www.orpalis.com/products/pdfreducer/download/ (pilih gratis) sekitar 14MB
  • Jalankan aplikasi, tunggu 7 detik lalu klik "OK"
  • Ketika Anda pertama kali membuka Opsi Terbuka - Tab Umum lalu di bagian Mode Input pilih Pemilihan file lalu Terapkan
  • Cari file PDF yang ingin Anda kompres dengan mengklik Sumber. Kemudian di Tujuan menentukan di mana Anda akan menyimpan file yang dihasilkan nanti.
  • Terakhir, untuk memulai proses kompres, klik tombol "Start Batch" dan tunggu sampai selesai.
 
Dari percobaan ini ternyata hasilnya luar biasa atau bisa dibilang ini adalah salah satu aplikasi untuk meminimalkan PDF terbaik yang pernah saya coba karena file aslinya dengan ukuran 4MB setelah mengompres hasilnya menjadi 884KB.
 
Setelah dibuka, pdf terkompresi masih sama dengan makna aslinya bahwa baik teks / gambar dan gambar masih dapat dibaca dengan sempurna, tidak rusak atau buram.
 
Jadi sepertinya aplikasi ini cukup layak dipertimbangkan bagi anda yang membutuhkan aplikasi untuk mengecilkan file pdf dengan hasil terkecil.
 

Hasil dari Cara Mudah Memperkecil Ukuran PDF Online / Offline


Dari metode di atas, ia menghasilkan kualitas dan juga ukuran file yang berbeda, di sini adalah perbandingan ketika saya menguji dengan file yang berukuran sama sekitar 1MB atau tepatnya 1017,93 KB dan di sini adalah urutan yang dapat menghasilkan file terkecil dengan kualitas yang baik.
  • Kompresor PDF gratis 4MB hingga 884KB.
  • SmallPDF - 689KB
  • ORPALIS PDF Reducer - 830KB
  • Adobe Acrobat XI Pro - 833KB (gambar pecah)
  • MS Word 2016 - 960KB

Smallpdf adalah aplikasi yang terbaik jika dilihat dari kemampuan untuk memperkecil ukuran file PDF, diikuti oleh Orpalis lalu Adobe Acrobat tetapi sayangnya gambar dalam dokumen menjadi buram, yang terakhir adalah Office 2016 (Word).

 
Itulah empat cara untuk Memperkecil Ukuran PDF. Semoga ini bisa bermanfaat, dan ingat dari semua metode di atas, mereka memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi jika Anda mencari yang terbaik, Anda dapat memilih metode 1, online dengan aplikasi smallpdf dan metode 4 (offline) menggunakan aplikasi ORPALIS PDF Reducer.

2 Responses to "4 Cara Mudah Memperkecil Ukuran PDF Online / Offline"

  1. Ini yang sedang dicari. Kadang ukuran PDF terlalu besar hingga membutuhkan banyak kapasitas dalam perangkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapat membantu masalah masnya,,, thx sudah berkunjung,,
      salam sukses

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel