Fungsi dan Manfaat Intranet dan Penerapannya

Fungsi dan Manfaat Intranet dan Penerapannya - Intranet adalah jaringan komputer berdasarkan protokol TCP / IP di mana internet digunakan dalam perusahaan internal atau internal. Internet internet juga dapat dikategorikan sebagai intranet di mana intranet dapat saling terhubung antara satu komputer.

Fungsi dan Manfaat Intranet dan Penerapannya
Source : bsdrouin
Dan komputer terkait internet yang menyediakan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Sebenarnya sebuah intranet tidak perlu menghubungkan internet, tetapi protokol intranet menggunakan semua protokol TCP / IP, alamat IP dan protokol lainnya seperti (FTP, POP3 dan SMTP), klien, dan juga server.

Protokol HTTP dan beberapa internet lainnya (FTP, POP3 dan SMTP) umumnya menggunakan komponen protokol.

Manfaat dan Penggunaan Intranet


1. Produktivitas Tenaga Kerja
Intranet dapat membantu pengguna menemukan dan menginstal informasi lebih cepat dengan menggunakan aplikasi yang relevan dengan fungsi dan tanggung jawab yang sesuai. Dengan bantuan antarmuka browser web, pengguna dapat mengakses data yang disimpan dalam database dan telah diizinkan oleh organisasi atau institusi, kapan saja, dan dari stasiun kerja perusahaan mana pun.

Ini jelas meningkatkan kemampuan karyawan untuk bekerja lebih cepat, lebih akurat, dan dengan percaya diri mereka menerima informasi yang benar. Ini juga dapat memacu peningkatan layanan bagi pengguna.

2. Waktu
Informasi yang disetujui oleh perusahaan kepada karyawan diperlukan. Karyawan dapat memperoleh tautan yang relevan dengan informasi yang dibutuhkan dari email yang Diperlukan.

3. Komunikasi
Intranet dapat menjadi alat yang hebat untuk komunikasi antara komponen organisasi, baik secara vertikal maupun horizontal. Dari sudut pandang komunikasi, intranet sangat berguna untuk strategi komunikasi yang memiliki cakupan global dalam organisasi.

Informasi yang dapat segera disampaikan adalah tujuan yang disampaikan dan apa yang ingin diinisiasi, siapa inisiator, hasil terbaru, dan siapa yang harus dihubungi untuk mendapatkan informasi. Dengan memberikan informasi ini pada intranet, perusahaan memiliki kesempatan untuk tetap sadar akan fokus strategis perusahaan.

Adakah Keuntungan dalam Penggunaan Intranet ?


4. Penerbitan web
Penerbitan web dapat mengakses akses ke informasi perusahaan melalui hypermedia atau teknologi web. Contohnya adalah manual perusahaan, dokumen laba, kebijakan perusahaan, standar perusahaan, berita umpan, dan pelatihan. Ini semua dapat diakses melalui standar internet secara umum seperti file PDF, file animasi flash, dan aplikasi CGI.

5. Manajemen Operasional dan Bisnis
Intranet juga digunakan sebagai platform atau platform dalam pengembangan dan aplikasi aplikasi untuk mendukung keputusan operasional dan bisnis di seluruh jaringan perusahaan.

6. Biaya Efektif
Pengguna dapat menampilkan informasi dan data melalui browser web harus menggunakan dokumen fisik seperti pedoman prosedur, jaringan telepon internal, dan formulir. Ini dapat menghemat biaya perusahaan dibandingkan dengan biaya pencetakan, penyalinan dokumen, dan perlindungan lingkungan.

7. Kolaborasi Terpadu
File dan tabel dapat diakses oleh setiap karyawan sehingga memudahkan kegiatan kerja tim.

8. Kemampuan Lintas Platform
Browser web standar tersedia di hampir setiap sistem operasi.

9. Dibangun untuk Satu Pihak
Banyak perusahaan menyeragamkan spesifikasi komputer mereka. Ini membuat pengembang intranet menulis aplikasi yang dapat digunakan untuk satu sistem. Dengan begitu, pengguna dapat mengetahui dengan siapa ia dapat berhubungan, mengelola akses intranet berdasarkan peran (posisi dan departemen).
 
Manfaat menggunakan intranet untuk sekolah: 
  • Membantu bersenang-senang, belajar di sekolah lebih mudah.
  • Membantu mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan.
  • Dapatkan siswa informasi lebih lanjut untuk ditambahkan ke kurikulum.
  • Informasi dibutuhkan dan berkualitas tanpa membuang waktu.
  • Membantu mengelola kebijakan yang relevan dan praktik perpustakaan profesional di negara-negara sekolah tingkat lanjut.

Kesimpulannya
Kegunaan dalam organisasi bisnis, secara signifikan membantu menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang. Ini benar-benar keuntungan bagi semua organisasi bisnis. Manfaat intranet untuk bisnis telah menjadi kebutuhan untuk kemewahan, bagi sebagian besar organisasi. Intranet menyediakan akses mudah ke file dan dokumen internal kepada karyawan di masing-masing stasiun kerja dan menyediakan akses bagi perusahaan untuk berbagi data dan informasi.

8 Responses to "Fungsi dan Manfaat Intranet dan Penerapannya"

  1. tambahin juga gan pemblokiran internet utk pc pribadi kluarga :D jdi ga bsa buka situs aneh aneh hehe
    untuk anak kecil sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,, ide yg baik itu mas,, nanti deh saya bahas dilain kesempatan,, salam sukses

      Delete
  2. Intranet banyak dipakai di perusahan2. Selain biayanya tidak terlalu mahal, juga memudahkan komunikasi antar karyawan dlm perusahaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas,, selain menekan biaya juga sangat efektif dalam membantu kinerja.
      salam sukses

      Delete
  3. untuk bisnis memang internet sangat efektis sebagai media komunikasi. banyak orang yang menggunakan internet sebagai media promosi produknya. ya memang internet dipilih karena biayanya yang relatif murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat setuju,, thx ud berkunjung dan salam sukses

      Delete
  4. Kalau saya lebih ke komunikasi. Dulu pertama saya mengenal internet ya hanya untuk chatting di yahoo.
    Sekarang, sekolah hampir punya jaringan internet. Memudahkan siswa mencari bab mata pelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas,,, thx ud berkunjung dan salam sukses

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel