11 Julukan Untuk Bangsa Indonesia Oleh Dunia

Julukan Untuk Bangsa Indonesia Oleh Dunia

Akktif - Banggalah menjadi Bangsa Indonesia, karena Indonesia Mendapat Banyak Julukan Oleh Dunia Luar. Julukan itu muncul karena beberapa faktor seperti Geografisnya yang strategis, keberagaman suku dan kekayaan alam, serta prestasi bangsa Indonesia yang sampai di akui Dunia.

Saat ini Indonesia bisa digolongkan dalam Negara Berkembang, meski demikian kemajuan Indonesia dari masa kemasa sangatlah berpengaruh untuk Dunia. Sehingga Bangsa Indonesia mendapat banyak julukan oleh dunia luar.

Apa Saja Julukan Bangsa Indonesia di Mata Dunia ?


Disini saya akan membagikan 11 Julukan Bangsa Indonesia di Mata Dunia. Apa sajakah julukan tersebut, Langsung aja simak berikut ini :

1. Negara Maritim
Bangsa Indonesia mendapat julukan sebagai Negara Maritim dikarenakan Luasnya perairan yang melebihi luasnya daratan. Hal ini yang membuat warga Indonesia sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Bahkan ada nyanyian “ Nenek Moyangku Seorang Pelaut”, ini membuktikan pada jaman dahulu profesi menjadi nelayan sudah ada.

Indonesia memiliki garis pantai yang panjangnya mencapai 99.093 kilometer. Garis pantai ini merupakan garis pantai yang paling panjang nomor dua di dunia, di bawah Kanada. Dengan luasnya lautan di Indonesia dan Kekayaan ikan yang melimpah sampai banyak Negara asing yang mencuri Ikan di perairan Indonesia.

2. Negara Agraris
Julukan Negara Agraris muncul karena lahan pertanian di Indonesia sangat luas. Dengan sebagian besar mata pencaharian penduduk kita sebagai petani. Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah sekaligus juga dianugrahi wilayah yang subur untuk ditanami segala jenis tumbuhan.

Karena suburnya tanah di Indonesia, sampai ada syair lagu “tongkat kayu dan batu bisa jadi tanaman”. Keadaan seperti inilah yang menyebabkan warga Indonesia sebagian besar berprofesi sebagai petani. Bahkan Indonesia pernah sampai swasembada pangan di masa pak Suharto, dan kita Mengekspor beras ke Negara tetangga.

3. Paru – Paru Dunia
Pulau Kalimantan merupakan pulau yang memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas di Indonesia. Karena Luasnya hutan yang berada di kalimantan merupakan penopang udara bersih untuk dunia. Dengan begitu Indonesia memiliki julukan istimewa sebagai Paru-paru Dunia. 

Selain Indonesia, Hutan Amazon di Amerika Selatan juga dianggap sebagai paru-paru dunia. Untuk itu kita sebagai warga Indonesia yang baik, jagalah kelestarian hutan kita. Agar Julukan tersebut tidak hilang di Mata Dunia.

4. Macan Asia Tidur

Julukan Macan Asia sempat disandang Bangsa Indonesia di Era Pemerintahan Soeharto. Pada masa itu, ekonomi Indonesia rata-rata tumbuh di angka 7% per tahun. Seiring berkembangnya zaman, julukan itu menjadi Macan Asia Tidur. Tidak menutup kemungkinan dengan besarnya potensi yang dimiliki Bangsa Indonesia, suatu saat nanti Julukan sebagai Macan Asia akan bangkit lagi.

5. Zamrud Khatulistiwa
Secara geografis Indonesia terletak di garis khatulistiwa. Keistimewaan inilah yang menyebabkan keindahan alam Indonesia sangat mempesona di mata dunia.

Julukan tersebut hadir apabila wilayah Indonesia dilihat dari angkasa, maka gugusan kepulauan Indonesia yang sangat hijau dan menyejukkan mata ini terlihat seperti batu zambrud. Hal ini lah yang membuat Indonesia dikenal sebagai Zambrud Khatulistiwa.

6. Negara Megabiodiversitas
Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena para peneliti dunia kagum akan keanekaragaman Flora dan Fauna yang ada termasuk spesies purba dan spesies langka di Indonesia seperti Komodo, Anggrek Hitam dan Raflessia Arnoldi.

Bahkan dikabarkan, hanya ada 12 negara yang memiliki 70% keanekaragaman hayati dunia dan salah satunya adalah Indonesia. setidaknya Indonesia memiliki 10% jenis tumbuhan berbunga dari total keseluruhan tumbuhan berbunga yang ada di dunia. Selain itu, Indonesia juga memiliki 12% jenis mamalia dunia, 16% reptil dan amfibi dunia, 17% jenis burung di dunia, dan 25% lebih jenis ikan di dunia.

7. Negara Seribu Pulau

Negara Seribu Pulau
Gambar :  Pulau Seribu

Karena begitu banyaknya pulau di Indonesia yang mencapai ribuan, Indonesia Mendapat Julukan Negara Seribu Pulau. Indonesia merupakan Negara dengan Pulau terbanyak di Dunia.

8. Negara Seribu Candi
Satu dari tujuh keajaiban Dunia ada di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Dengan begitu, Indonesia mendapat julukan Negara Seribu Candi yang di Berikan Dunia.

Banyaknya candi yang ada di Indonesia, merupakan kekayaan alam untuk bangsa Indonesia. Candi tersebut dibangun pada masa kerajaan zaman dahulu. Candi-candi ini banyak ditemukan di Pulau jawa, Sumatera dan Kalimantan.

9. Nusantara
Julukan Nusantara ini ada sejak jaman Kerajaan Majapahit, julukan terhadap wilayah Indonesia dari Sabang sampai Meroke dalam literatur bahasa Jawa. Selain itu, Thailand juga menyebut Indonesia dengan julukan Nusantara merunut pada sejarah kerajaan Majapahit dulu.

10. Heaven Earth
Heaven Earth Julukan yang diberikan oleh Dunia untuk Indonesia, karena banyak negara dunia kagum dan iri dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi yang melimpah serta keindahan alam Indonesia yang seperti surga.

11. The Big Moeslem Population

Dengan mayoritas Agama Islam terbesar, yang mencapai 85% dari Total Penduduk di Indonesia. Bahkan Indonesia merupakan Negara dengan Pemeluk Agama Islam terbesar di Dunia. Itulah mengapa Julukan The Big Moeslem Population diberikan kepada Indonesia.
 

Nah, itulah Julukan Untuk Bangsa Indonesia Oleh Dunia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang bangsa Indonesia. Sekian dan terimakasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "11 Julukan Untuk Bangsa Indonesia Oleh Dunia"

  1. ini dia bener-bener menambah ilmu gan. artikel yang gak belum pernah ane dengar itu istilah-istilah diatas.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel