Pengertian Bisnis Ritel dan Jenis-jenisnya

Pengertian Bisnis Ritel dan Jenis-jenisnya

Akktif - Tahukah anda apa pengertian Bisnis Ritel itu? Bagi pembaca yang sudah terbiasa terjun di dunia usaha tentu saja tak asing lagi dengan jenis bisnis yang satu ini. Akan tetapi bagi yang belum berpengalaman tentang hal ini tentu saja, merasa asing tentang istilah yang satu ini. Apa itu bisnis ritel? Apa saja jenis dan contohnya? Konten berikut ini akan menjawabnya.

Apa Itu Bisnis Ritel?


Pengertian Bisnis Ritel secara umum adalah bisnis yang menjual bisnis atau jasa yang menjual produk atau jasa secara eceran atau satuan. Produknya langsung ditujukan kepada konsumen untuk dijual ataupun bisa juga digunakan untuk kebutuhan pribadi oleh pembeli tersebut. 

Contoh bisnis yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita, yakni toko yang menjual aneka kebutuhan sehari-hari.

Jenis-jenis Bisnis Ritel


Usaha dagang eceran terbagi atas beberapa jenis yaitu sebagai berikut  :

1. Bisnis Ritel Skala Kecil dan Besar
Barang yang diperdagangkan pada jenis ritel besar cukup banyak dan bisa melayani banyak kebutuhan konsumen. Contohnya yaitu supermarket, swalayan, dan Hypermarket. Sementara itu retailer skala kecil tidak mampu memenuhi banyak kebutuhan konsumen karena produk yang dijual tidak terlalu banyak. Contohnya adalah warung sembako dan warung makanan minuman.

2. Bisnis Ritel Toko dan Non Toko
Perbedaan kedua klasifikasi bisnis ritel tersebut bisa dilihat dari cara pemasarannya. Jika transaksi dilakukan di sebuah warung atau toko maka dapat disebut sebagai "Retailing In Store". Sementara itu apabila penjualan dan juga pembayarannya tidak terjadi di sebuah toko alias dilakukan secara daring (lewat email, sosial media, atau telepon) maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai bisnis ritel non toko.

3. Bisnis Ritel Waralaba, Independent, dan Corporate
Sedangkan untuk poin ketiga ini merupakan jenis retail yang dibedakan berdasarkan kepemilikannya. Ritel Independent, bisnis yang dimiliki oleh diri sendiri tanpa ada kerja sama dengan pihak lainnya. Waralaba dijalankan individu namun berjalan sesuai dengan ketentuan pemilik perusahaan merk. Dan yang ketiga ada Corporate sebuah bisnis yang dibangun oleh badan usaha.
 

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Bisnis Online Menguntungkan

Itulah penjelasan mengenai pengertian bisnis ritel dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi anda yang ingin terjun di dunia usaha. Terima kasih.

0 Response to "Pengertian Bisnis Ritel dan Jenis-jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel