Pengertian dan Fungsi Google Slide Sebagai Alat Presentasi

Akktif - Pengertian dan Fungsi Google Slide, Ketika anda ingin membuat sebuah presentasi, menggunakan PowerPoint atau Keynote itu sudah menjadi hal biasa. Google Docs sering merupakan alternatif untuk Word, ada juga banyak di luar sana yang unik tentang menggunakan Google Sheets, tetapi Google Slides jarang.

Pengertian dan Fungsi Google Slide Sebagai Alat Presentasi
Sayang sekali karena Google Slide sebenarnya adalah alat presentasi yang sangat bagus dan tersedia gratis. Anda mungkin berpikir, "Apa itu Google Slide?" Dalam tutorial Google Slides ini kami menjawab pertanyaan.

Saya akan bertanya kepada Anda bagaimana membuat presentasi di Google Slides, dan memperkenalkan Anda tentang manfaat menggunakan Google Slides sebagai aplikasi presentasi desktop standar Anda.

Jika Anda ingin melihat lebih jauh antara PowerPoint, Keynote, dan Google Slides, silakan merujuk ke artikel berikut:

Bagaimana Cara Menggunakan Google Slide Untuk Presentasi?


Sekarang mari kita beralih ke tutorial ini untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Google Slides dan bagaimana cara menggunakannya.

Langkah 1. Mulai
Google Slides adalah aplikasi presentasi dan Google yang hidup di dalam mesin pencari sebagai bagian dari Google Documents. Dan 100% gratis - satu-satunya syarat untuk digunakan adalah memiliki akun Google. Karena ini adalah aplikasi web gratis, Google Slide tidak memiliki fitur desktop selengkap Microsoft PowerPoint dan Keynote.

Bahkan, Google Slide dibuat untuk mengatasi kekurangan fitur estetika dengan memprioritaskan fitur kolaborasi yang kuat - bahkan yang terbaik. Kurva pembelajaran untuk Google Slide juga jauh lebih rendah daripada aplikasi desktop berfitur lengkap.

Karena Google Slide hanya menyediakan fitur yang paling penting dan menghilangkan hal-hal yang lebih penting. Mari kita lihat bagaimana Google Slide memberi Anda, karena ini adalah pilihan terbaik untuk digunakan oleh perangkat lunak presentasi online.

Langkah 2. Buat Presentasi Baru
Setelah masuk ke Akun Google, pergi ke Google Drive. Di sana, buat presentasi dengan mengklik Baru - Google Slide. Anda akan diarahkan ke halaman baru dengan presentasi kosong.

Langkah 3. Navigasi Google Slides
Mari kita lihat bagaimana cara menggunakan alat di Google Slide. Google Slides berfungsi seperti aplikasi presentasi desktop. Kolom di sebelah kanan Google Slide menampilkan slide yang Anda buat, dan badan layar yang menampilkan slide yang sedang Anda kerjakan.

Untuk keperluan kita, slide pertama akan menjadi judul slide. Untuk menambahkan judul, klik di mana Anda mengatakan Anda bisa mengetiknya, lalu ketikkan judulnya. Anda juga dapat menambahkan subtitle atau membiarkannya kosong. Kotak yang dibiarkan kosong tidak akan ditampilkan pada presentasi akhir, jadi Anda tidak perlu elemen tambahan.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto HP Gratis, 6 Rekomendasi Terbaik

Langkah 4. Kolaborasi
Sekarang kami akan meninjau cara menggunakan fitur kolaborasi Google Slides, yang merupakan fitur terbaik dari Google Slides. Karena ini adalah aplikasi web, mudah untuk mengundang orang lain untuk bergabung dalam presentasi dan bekerja bersama pada saat yang sama, di mana pun rekan kerja Anda berada.

Untuk berkolaborasi, klik tombol Bagikan biru di sudut kanan layar. Layar Bagikan dengan orang lain akan muncul dan menawarkan berbagai cara berbeda untuk membagikan presentasi Anda. Jika Anda mengeklik ikon Dapatkan Tautan Terlihat (terlihat seperti rantai), Google akan membuat tautan untuk presentasi Anda yang dapat dibagikan dengan orang lain melalui Mail, Google+, Facebook, atau Twitter.

Anda juga dapat mengundang orang lain dalam dokumen presentasi Anda dengan memasukkan alamat email (atau, jika mereka adalah kontak Anda, nama mereka) di kolom People. Klik Advance Link di kanan bawah layar untuk melihat semua opsi berbagi.

Langkah 5. Sajikan Presentasi Google Slide
Sekarang setelah Anda selesai presentasi, klik tombol Present dan tunjukkan apa yang Anda miliki. Jika Anda membuat presentasi di tempat yang tidak memiliki akses internet, Anda dapat menyiapkan presentasi Anda sebagai file .pptx dengan mengklik File -> Unduh Sebagai -> Microsoft PowerPoint.

Sekarang kami telah meninjau apa itu Google Slides, dan bagaimana menggunakannya, Anda dapat melihat aplikasi ini memfasilitasi proses pembuatan presentasi berbasis web. Meskipun kompilasi menggunakan Google Slide Anda kehilangan beberapa fitur aplikasi presentasi desktop.
 
Itulah informasi tentang google slide yang bisa saya bagikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam alternatif pembuatan sebuah presentasi.

8 Responses to "Pengertian dan Fungsi Google Slide Sebagai Alat Presentasi"

  1. Hmmm perlu dicoba nih karena selama ini saya langsung menggunakan aplikasi Office langsung di ponsel untuk bikin ppt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat mas.. dan silahkan untuk mencoba,, salam sukses

      Delete
  2. Google memang selalu berinovasi, wajar jika perusahaan ini mampu bertahan karena banyak fitur atau fasilitas yang ditawarkan kepada khalayak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener,,, kalau ingin bertahan memang harus ada inovasi.. salam sukses mas

      Delete
  3. bagi mahasiswa sangat bermanfaat nih mas hehe. mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,, hehee... buat presentasikan tugas kuliahnya

      Delete
  4. Saran Gan: tutorialnya kalau bisa dibumbuhi Gambar. Biar pembaca ngeh Gan. Makasij

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, untuk next ya.. makasi sarannya.. salam sukses

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel