Pengertian Investasi Riil dan Contohnya

Pengertian Investasi Riil dan Contohnya

Akktif - Secara garis besar investasi terbagi menjadi 2, yaitu investasi riil dan juga investasi non riil. Untuk pembahasan kali ini, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian investasi riil dan juga contohnya. Berbicara soal investasi, tentu sudah banyak orang yang memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Begitu juga halnya dengan dengan investasi riil yang pastinya menjanjikan sesuatu yang menguntungkan.

Pengertian Investasi Riil Beserta Contohnya


Sebenarnya apa sih investasi riil itu? Secara definisi, investasi riil merupakan investasi yang berwujud dan terlihat dalam bentuk fisik. Contohnya yaitu emas, intan, perak, properti, dan lain sebagainya. Mengenai beberapa contoh investasi riil tersebut akan saya jelaskan sedikit di bawah ini :

1. Investasi Emas
Contoh Investasi riil yang pertama adalah Investasi Emas. Emas batangan dipilih untuk investasi karena dianggap memberikan banyak keuntungan. Emas menjadi barang yang harganya cenderung terus naik tiap tahunnya sehingga membuat banyak orang tertarik berinvestasi dengan barang yang satu ini. 

Investasi emas sendiri bisa dilakukan di pegadaian dengan berbagai produk layanan seperti mulia, mulia arisan atau kolektif, tabungan emas, konsiyasi emas. 

Nantinya keuntungan hasil penjualan emas benar-benar diberikan kepada nasabah sehingga bisa merasakan langsung keuntungan dari investasi yang satu ini. Nah bagaimana untuk anda? Apakah merasa tertarik untuk berinvestasi emas?

2. Investasi Batu Berlian
Sama seperti investasi emas, investasi batu berlian juga cukup booming dan memberikan banyak keuntungan. Hal ini disebabkan karena berlian yang  merupakan batu alam tahan akan goresan, sangat awet, dan juga tidak mudah rusak maka tidak heran harga berlian pun sangat mahal, bahkan ada yang mencapai miliaran rupiah. 

Investasi batu berlian tidak akan mengalami penurunan harga sehingga anda bakal mendapatkan banyak keuntungan apabila berlian tersebut di jual kembali.

3. Investasi Perak
Ada berbagai jenis investasi perak yang perlu anda ketahui. Ada koin batangan, Exchanged Trade Funds (ETF) Perak, Kontrak Perak Berjangka, Silver–Streaming Companies, dan investasi perak di Perusahaan pertambangan. Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan resikonya masing-masing. Investasi Perak maupun Investasi Emas sejatinya sama-sama pilihan yang bagus untuk dilakukan. 

Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi Emas atau Perak??


Tetapi beberapa orang lebih memilih untuk berinvestasi dengan emas karena  harga perak yang jauh lebih stabil. Selain itu harga belinya yang lebih terjangkau membuat Anda tak perlu mengeluarkan modal terlalu banyak untuk berinvestasi. Bukan hanya sekadar itu saja, perak memiliki tingkat kenaikan harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan emas batangan.
 

Nah, sekarang udah tau kan apa pengertian investasi riil dan contoh-contohnya? Jika sudah mengetahuinya, apabila anda ingin berinvestasi tetap selalu waspada dan jangan sampai mudah tergiur dengan investasi yang abal-abal dan tidak jelas badan hukumnya. Demikian informasi ini saya berikan, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Investasi Riil dan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel