Pengertian Modem, Fungsi Serta Jenisnya

Pengertian Modem, Fungsi Serta Jenisnya
Source : 3dman_eu
Pengertian Modem, Fungsi Serta Jenisnya - Modem adalah salah satu media atau alat agar komputer atau laptop kita dapat terkoneksi ke internet atau dunia maya, saat ini terdapat banyak jenis modem, jenis dan model yang berbeda, bahkan saat ini hampir semua penyedia kartu penyedia modem sudah berbagi dengan kartu seluler

Misalnya, Telkomsel yang mengeluarkan modem ponsel flash atau penyedia smartfren yang mengeluarkan bundel mifi dengan kartu smartfren. Pada artikel ini, admin akan meninjau pemahaman tentang modem, fungsi, dan jenis tipe. Untuk teman-teman yang tidak benar-benar mengerti apa itu modem, fungsinya dan tipenya, silakan lihat review berikut.

Pengertian Modem

Menurut Wikipedia, modem berasal dari kata Demodulator Modulator. Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa (Carrier) dan siap dikirim, sedangkan Demodulator adalah bagian yang menghubungkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi dapat disediakan dengan benar.

Modem adalah kombinasi dari keduanya, modem berarti alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah menggunakan bagian yang disebut "Modem" seperti VSAT, radio gelombang mikro, dll., Tetapi istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras komputer yang lebih sering digunakan untuk komunikasi di komputer.

Data dari komputer yang membentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk dikonversi menjadi sinyal analog, modem kompilasi menerima data dari luar yang terdiri dari sinyal analog, modem diterima kembali ke sinyal digital yang dapat diterima lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog ini dapat dipindahkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Apa Fungsi dari Modem Ini di Kehidupan Sehari-hari?


Fungsi Modem
Menurut fungsinya modem dapat dibagi menjadi dua, yaitu fungsi modem khusus dan fungsi modem secara umum, apa sajakah fungsi tersebut dan bagaimana cara kerjanya, simak artikel dibawah ini:

1. Fungsi Modem Secara Khusus
 
Jika dilihat dari Modem fungsional berfungsi untuk meminimalkan tingkat masalah yang dikompilasi oleh transmisi sinyal, dan modem juga akan membahas informasi yang diterima apakah itu rusak atau tidak dengan metode checksum. Jika kerusakan terjadi maka data akan dikirim kembali ke tempat itu. asli

2. Fungsi Modem Secara Umum

Intinya, fungsi modem adalah perangkat perangkat keras yang memiliki fungsi untuk melakukan komunikasi 2 arah yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya yang digunakan atau digunakan untuk dapat mengirim pesan atau data ke yang dimaksud. alamat.

Dalam hal ini, komputer akan mengirim informasi dari bentuk sinyal digital, tetapi informasi melalui saluran telepon harus ditransmisikan dalam bentuk sinyal analog. Untuk mengatasi masalah ini, modem dapat digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

Sinyal analog dilakukan melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai komputer lain, sinyal analog ini akan dikonversi menjadi bentuk digital oleh modem. Berikut ini adalah beberapa modem yang bisa dilihat:
  • Dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
  • Menghubungkan perangkat ke jaringan.
  • Modulasi dan demodulasi.
  • Komunikasikan dan siapkan paket data.
  • Kompres data yang dikirim melalui sinyal.

 

Jenis Modem Beserta Penjelasannya

Modem memiliki berbagai jenis dengan fitur dan manfaat berbeda, mengikuti jenis modemnya itu sendiri. Ada 4 jenis modem yang bisa kami jelaskan :

1. Modem Internal
Jika data telah sampai pada modem yang dimaksud maka sinyal analog ini akan dikonversi kembali menjadi sinyal digital dan dikirim langsung ke komputer.

2. Modem Eksternal
Modem eksternal adalah perangkat yang digunakan untuk komputer agar dapat diakses ke internet sementara data yang diperoleh dari komputer yang membentuk sinyal digital akan dikonversi menjadi sinyal analog. Modem yang digunakan untuk menerima data yang terdiri dari sinyal analog akan dikonversi menjadi sinyal digital dan selanjutnya akan diproses oleh komputer. Sinyal analog ini dapat dipindahkan menggunakan media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

3. Modem Analog
Modem analog ini disebut alat untuk membuat sinyal analog kemudian dikonversi menjadi sinyal digital.

4. Modem Kabel
Modem kabel modem jenis yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan melalui TV Kabel.


Itulah penjelasan lengkap tentang arti modem, fungsi dan jenisnya yang dapat bagikan untuk anda semua, jika ada pertanyaan yang disampaikan di kolom komentar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Pengertian Modem, Fungsi Serta Jenisnya"

  1. Model stick itu tergolong atau masuk kekatagori modem apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masik dalam model internal dan eksternal mas :)

      Delete
  2. Baru tahu perbedaannya setelah membaca artikel ini, untuk penggunaannya selama ini saya menggunakan 2 modem mas, model yang seperti gambar itu dan modem dari penggunaan ponsel (eksternal mungkin ya... )

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,, saya juga masih pakai ponsel.. dulu sih pake yg model external modemnya..

      Delete
  3. Sementara ini menggunakan modem eksternal.

    ReplyDelete
  4. Kalau sy kombinasikan. Tp kalau sehari lebih sering menggunakan modem eksternal.

    Artikelnya mantap Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya skrg memang lebih mudah menggunakan modem external.. dan sudah banyak yang menggunakannya.. slam sukses

      Delete
    2. Sukses juga untuk blognya Gan. Keep Spirit!!!

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel