Pengertian Wifi, Fungsi Serta Sejarah Singkatnya

Pengertian Wifi, Fungsi Serta Sejarah Singkatnya
Source : tejasp
Akktif - Pengertian Wifi serta Fungsinya, di zaman modern ini kebutuhan primer bertambah satu, yaitu internet. Kenapa aku mengatakan itu? Melihat kehidupan manusia saat ini, di setiap sisi internet telah memainkan peran yang sangat penting. Keberadaan internet juga memberikan banyak kemajuan menuju peradaban manusia.

Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Cara Kerja Wifi

Ada beberapa cara bagi kita untuk dapat mengakses jaringan dan menjelajahi internet. Beberapa orang menggunakan layanan seluler dari beberapa penyedia. Namun, banyak yang telah beralih ke teknologi WiFi yang cocok untuk mereka memiliki banyak keunggulan. Apa sebenarnya arti dari wifi? 

Kali ini kami akan memberikan penjelasan singkat tentang resolusi, fungsi dan teknologi wifi yang berfungsi.

Definisi Wifi dan Sejarah Singkat

Jika Anda pengguna internet aktif, tentu saja tidak lagi menggunakan istilah wifi. Nah, jika Anda tahu wifi, pasti Anda juga tahu area hostpost? Apa arti dan perbedaan antara dua hal itu? Silakan ikuti penjelasan di bawah ini.

Pengertian Wifi

Wireless Fidelity, lebih dikenal sebagai wifi, adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan kita untuk bertukar data. Agar dapat terhubung dengan jaringan seperti internet, perangkat harus berada di titik akses (area hotspot). Area ini lebih dari area yang bisa dijangkau oleh teknologi wifi, yaitu lebih dari 20 meter atau lebih. 

Teknologi wifi ini menggunakan gelombang radio dengan rentang frekuensi 2,4 GHz hingga 5 GHz.

Pengembangan Sejarah Wifi

Bagaimana teknologi wifi ini berkembang menjadi sangat populer sekarang? Berikut ini adalah sejarah perkembangan wifi singkat yang perlu Anda pahami:

Pada tahun 1997: Jaringan nirkabel (nirkabel) bernama 802.11 berhasil dibuat oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Apakah Anda Juga Sudah Menggunakan Wifi Dirumah?


Pada 1999: Kemudian dikembangkan dan dibuat teknologi nirkabel B yang memiliki kecepatan transfer data hingga 11 Mbps. Namun teknologi ini menggunakan gelombang dengan frekuensi 2.4GHz sama seperti kebanyakan peralatan lainnya sehingga mudah terganggu.

Tahun 2003: Kemudian dikembangkan kembali menjadi teknologi nirkabel G, di mana kecepatannya bisa mencapai 54 Mbps. Namun sama seperti versi sebelumnya, ia masih menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2.4GHz.

Pada 2009: Menciptakan teknologi nirkabel N yang memiliki 2 versi, 2 antena dengan kecepatan hingga 300 Mbps dan 3 antena dengan kecepatan hingga 450 Mbps. Jangkauannya juga lebih luas dari beberapa versi sebelumnya.

Pada 2014: Keberadaan teknologi AC nirkabel dengan transfer kecepatan luar biasa antara 500 Mbps hingga 1 Gbps. Untuk versi ini beroperasi pada gelombang radio dengan frekuensi 5GHz.

Manfaat Penggunaan Wifi

Sebelumnya kami membahas masalah resolusi dan juga sejarah perkembangannya. Lalu apa fungsi dan manfaat dari teknologi wifi ini? Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi nirkabel ini. Berikut beberapa fungsi dan penggunaan WiFi:
  • Dapat menghubungkan semua perangkat ke jaringan tanpa perlu kabel.
  • Dapat digunakan untuk kegiatan bertukar data lebih cepat dan praktis.
  • Kecepatan transfer data lebih cepat daripada teknologi kabel sehingga proses mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya lebih mudah.

Cara Kerjanya Teknologi Wifi

Teknologi ini memang sangat inovatif dan membawa banyak perubahan. Sekarang kita akan membahas cara kerja dari wifi. Sederhananya, data akan ditransfer melalui gelombang radio. Data akan melewati router yang berfungsi sebagai decoder dan penerjemah kode.

Lalu lintas menggunakan Ethernet, data dikirim ke jaringan internet. Untuk dapat terhubung ke jaringan WiFi, perangkat harus dilengkapi dengan adaptor nirkabel. Itulah penjelasan tentang pengertian, sejarah, fungsi dan kelebihan dan kekurangan teknologi wifi.

Semoga diskusi ini dapat memberikan gambaran umum tentang resolusi tersebut, juga manfaat dari cara kerja teknologi nirkabel. Sekarang Anda tahu apa perbedaan antara wifi dan hotspot? Jika ada yang masih tidak bisa meminta penjelasan, Anda bisa mampir ke komentar untuk bertanya.

11 Responses to "Pengertian Wifi, Fungsi Serta Sejarah Singkatnya"

  1. Di daerah gue gak ada wifi gratis. Sad 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau gratis sih ke tempat2 nongkrong gtu mas,,, hehehe

      Delete
  2. Ada sih wifi gratis tapi di kafe dan agak jauh. Ada juga wifi gratis di kantor telkom dan jaraknya juga jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah serba jauh,, sepertinya tempat tinggal yg harus mendekat,, hehehe
      salam sukses mas

      Delete
  3. Kecepatan wifi tergantung tempat gan hehe smkin bagus tempat biasanya smakin cepat :D
    Dan wifi dri sejarahnha has grow up become now haha keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih,,kalau diluar negeri ada khusus tempat yg gratis wifi bahkan 1 kota bisa gratis.. di Indo kapan ya?? hehehe

      Delete
  4. Kecepatan wifi dirumah saya 300mps. ya lumayanlah. Daripada beli kuota yang super boros.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ud lumayan itu mas kalau hanya buat browsing,,, sudah cukup la..

      Delete
  5. Aku pengguna wifi di rumah tapi di kantor 50-50.
    Kalau di rumah lancar jaya. Kalau di kantor cuma nyangkut di komputer pake kable LAN, kalau ke perangkat hp atau sejenisnya ilang, meskipun aku sudah memasukkan kode sih.

    Kenapa bisa begitu ya Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi terlalu banyak yg pakai,, atau bisa juga sistem dari HPnya minta di Upgrade biar lancar.. thx ud mampir salam sukses

      Delete
  6. Jujur, aku baru tau sejarah awal mulanya wi-fi dikembangkan oleh IEEE ..., selama ini taunya tinggal pakai saja, wwkkkkk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel