Sejarah dan Perkembangan Microsoft Office Hingga Sekarang

Sejarah dan Perkembangan Microsoft Office - Microsoft Office adalah program aplikasi kantor yang dibuat oleh Microsoft untuk mendukung berbagai kegiatan kantor. Microsoft Office dirancang untuk dijalankan berdasarkan sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X.

Sejarah dan Perkembangan Microsoft Office Hingga Sekarang
Source : Pixaline
Sejarah Microsoft Office Singkat
Sejarah Microsoft Office dimulai pada Oktober 1990 sebagai paket tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.

Kemudian setelah populer, pada 1995 Microsoft kembali meluncurkan aplikasi office ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95. Dalam sistem operasi ini, Microsoft merombak Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 untuk Workgroup.

Perubahan signifikan dalam sejarah sistem operasi PC pada saat itu. Sejalan dengan perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus tumbuh dan semakin mapan dan terus dicintai dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia.

Hingga tahun 2000-an Microsoft telah merilis beberapa versi Microsoft Office dan masih digunakan sebagai aplikasi andalan kantor modern. Beberapa versi Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini termasuk Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007 dan yang terakhir hingga sekarang adalah Microsoft Office 2016.

Pengembangan Microsoft Office
Tidak terasa bahwa 26 tahun telah diterima oleh Microsoft Office yang telah berhasil naik dan turun. Aplikasi Office yang pertama kali diluncurkan pada 30 Agustus 1992. Saat itu masih bernama Microsoft Office versi 1.5. Perjalanan yang sangat panjang, kan ?, Ini adalah tinjauan sejarah kantor Microsoft dari awal hingga sekarang.

Kehadiran Awal Microsoft Office 1.5, 1.6, 3.0 (1989-1994)
Pada awal kehadirannya, kantor Microsoft datang dengan aplikasi Word, Excel, dan Power Point yang hadir secara terpisah sejak 1980-an. Setelah lama disetujui, akhirnya pada 1990-an, Microsoft menyetujui ketiganya dalam paket resmi aplikasi Office.

Sejarah Perkembangan Microsoft Office Berbagai Versi


Setelah versi 1.5 dan 1.6, Microsoft segera meluncurkan versi 3.0 yang dikenal sebagai Office 92. Office 92 adalah versi pertama yang datang dalam format CD. Versi ketiga Office dirilis pada Januari 1994, yang juga menandai kehadiran Word versi 6.0. Dengan menyediakan fitur Autocorrect dan Editor Equation yang juga memperkenalkan aplikasi Access.

MS. Office 95, 97 dan 2000 (1995-2000)
Di Office kali ini dapat dianggap sangat istimewa, karena bertepatan dengan rilis Windows 95. Office 95 sudah terdiri dari 6 aplikasi, yaitu Word, Excel, PowerPoint, Access, Schedule + dan Binder.

Setelah versi 95, Office merilis versi 97 lagi dengan menambahkan aplikasi baru, Outlook. Yang lebih menarik, ada juga animasi Office Assistant yang disajikan dalam bentuk karakter Clippy The PaperClip.

Menyambut era Milenium, Microsoft kembali merilis Office 2000 yang mencakup aplikasi FrontPage baru yang berguna sebagai aplikasi pengembang halaman Web yang hanya tersedia di Office premium.
 

MS. Office 2000, XP dan 2003 (2001-2003)
Dengan hadirnya Windows XP, Microsoft juga merilis Office XP. Dengan fitur pengenal ucapan dan tulisan tangan, yang memungkinkan pengenalan suara dan tulisan tangan. Kantor ini juga menghadirkan elemen-elemen lain seperti ClipArt. Microsoft juga memutuskan untuk menonaktifkan karakter Clippy.

Untuk menyesuaikan tema biru pada Windows XP, Microsoft menghadirkan Office 2003 yang juga bertema biru. Dua aplikasi baru juga diperkenalkan seperti InfoPath dan OneNote.
 

MS. Offce 2007 dan 2010 (2007-2010)
Office dirilis lagi bersama dengan Windows Vista, yang menampilkan tombol besar untuk mengaktifkan menu File. Dalam versi ini, Times New Roman juga digantikan oleh Calibri sebagai font default.

Di Office 2010, Microsoft berusaha menghilangkan nuansa Windows XP. Tombol Office digantikan oleh tombol menu Simple yang muncul pada menu File. Tahun ini Office Web App juga muncul, yang merupakan versi online dari Word, Excel, PowerPoint dan OneNote yang dapat digunakan secara gratis melalui Penjelajahan.
 

MS. Office 365 (2011-2012)
Kantor ini hadir pada Juni 2011 yang meluncurkan paket Microsoft Office dan layanan online untuk menjadi layanan cloud terbaru. Layanan ini juga menghadirkan SharePoint Online, Exchange online, dan Lync Online secara bersamaan di cloud.
 

MS. Office 2013 (2013-2014)
Office mulai ditampilkan di Windows 8, Office juga berbasis cloud. Dengan hadirnya perangkat tablet, Microsoft mulai membuka dukungan untuk layar dan membuka yang disetujui untuk pengguna Surface.
 

MS. Office 2016 (Hingga Sekarang)
Versi terbaru Office ini dirilis pada 22 September 2015 yang mirip dengan Office 2013. Di Office 2016 ada juga pilihan Backgroud. Ada 14 latar belakang yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan penampilan Kantor Anda.

Karena Office dibuat dengan Windows 10, Office 2016 juga dilengkapi dengan ikon Ribbon baru yang merupakan flat Windows 10 khas di hampir semua aplikasi Office 2016.
 

Nah, dapatkan sejarah singkat tentang Microsoft Office dari awal hingga sekarang. Tentu saja, setiap versi baru yang dirilis memiliki fitur yang lebih baik dan lebih lengkap. Kita tunggu saja versi terbaru dari Microsoft Office.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Sejarah dan Perkembangan Microsoft Office Hingga Sekarang"

  1. Sejauh ini, MSO terus berkembang dan berinovasi. Kebetulan sekarang pakai yang versi terbaru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih pakai yg versi lama,,, makasi atas kunjungannya

      Delete
  2. Baru tahu w. Maklum w terlalu kudet kalau soal komputer :v

    ReplyDelete
  3. kalo dikasih updte perkembangan logo ms word dari masa ke masa lbh kece ini mas hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar ditambahin deh,, thx ud kasi masukan yg membangun

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel