3 Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Tradisional

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Tradisional
Source : mohamed_hassan
Cara mengobati gusi bengkak merupakan metode pengobatan yang banyak dicari bagi orang-orang yang memiliki masalah pada gigi dan gusi. Penyakit ini ditandai dengan pembengkakan di bagian gusi kadang disertai dengan keluarnya darah dari dalam gusi tersebut. Ini bukan gangguan yang bisa dianggap remeh, jika ditangani secara tepat, maka dapat memengaruhi jaringan dan tulang yang menopang gigi.

Gusi bengkak dapat diikuti dengan gejala yang lainnya seperti munculnya nanah di bawah gusi atau gigi. Selain  bau napas tidak sedap juga bisa menjadi pertanda bahwa anda telah mengalami gusi bengkak. Ada banyak hal yang membuat gangguan ini bisa terjadi, diantaranya menumpuknya plak pada gigi, peradangan pada gusi, infeksi virus atau jamur, kebiasaan merokok, kekurangan vitamin C, atau gigi yang sensitif.  Lantas, bagaimanakah cara terbaik untuk menyembuhkan gusi bengkak? Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami


Salah satu cara menangani masalah penyakit ini yaitu dengan berobat ke dokter gigi. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya juga apabila anda melakukan metode alamiah terlebih dahulu. Bahan-bahan yang bisa digunakan adalah sebagai berikut  

1. Garam

Sudah bukan rahasia lagi apabila garam memang layak dijadikan obat gusi bengkak dan masalah pada gigi. Tuangkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin setidaknya 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi akan semakin membaik dalam waktu yang cepat.

2. Lemon
Lemon mengandung asam yang berperan sebagai alkali alami supaya kada pH dalam mulut menjadi lebih seimbang. Lemon juga mengandung antibakteri yang efektif mengusir bakteri penyebab gigi berlubang. Adapun cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang ini dilakukan dengan memeras 1 buah lemon terlebih dahulu, kemudian masukkan kedalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur agar bakteri benar-benar hilang. Lakukan 3 kali dalam sehari.

3. Daun Jambu Biji
Daun ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai obat alami mengatasi gusi bengkak. Daun jambu biji mengandung antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi kuat yang dapat mengempiskan gusi bengkak. Jika anda suka, kunyah saja daun jambu biji tersebut. Namun jika, tidak maka gunakan sebagai obat kumur yang sebelumnya telah dicampur air hangat. 

Cukup mudah bukan? Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami dan telah dilakukan oleh banyak orang sejak dahulu secara turun temurun. Insyaallah efektif mengatasi masalah gigi dan juga gusi. Sekian dan semoga bermanfaat.

14 Responses to "3 Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Tradisional"

  1. garam itu ampuh mas hehe. dah pernah dicoba sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas,, semoga dapat membantu ya,,

      Delete
    2. sepertiny lagi mencari inspirasi nulis nih mas hehe

      Delete
  2. Saya baru tahu ternyata lemon dan daun jambu biji bisa juga ya digunakan untuk menghilangkan gusi yang bengkak,..mantap ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapat menambah wawasan dalam obat2an herbal, dan semoga dapat membantu

      Delete
  3. Kalau saya biasa menggunakan atau berkumur dengan air garam. Asin memang tapi cepat sembuh kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,, sudah mencobanya ya,, memang cara itu terbaik dan sangat mudah dilakukan,, karena garam pastilah ada di dapur

      Delete
  4. kalau udah bengkak, memang garam jadi andalan banget, mudah dibuatnya, saya pakai ini kalau gusi udah bengkak

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mas,,, selain mudah didapatkan hanya didapur,, manfaatnya juga banyak,,

      Delete
  5. Paling mudah dapet bahannya garam dan emang ampuh banget deh.
    Sampai doyan sama minuman garam. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iyo mbak e,, selain bumbu juga dpt bermanfaat buat kesehatan..

      Delete
    2. yang penting nggak kebanyakan ya bang

      Delete
  6. Baru tau ternyata bisa pakai daun jambu biji juga, aku taunya itu buat yg lg diare hehehe, thank you, aku dapet ilmu baru lagi

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat bang semua bahannya mudah di dapat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel