6 Tumbuhan Herbal Yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat Secara Tradisional

Tumbuhan Herbal Yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat Secara Tradisional
Source : cnick
Tumbuhan Herbal Yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat – Pengobatan tradisional menggunakan tumbuhan herbal seperti rempah-rempah maupun daun-daunan sudah dipercaya selama turun-temurun mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit, hal ini tentunya dikarenakan obat-obatan herbal ini merupakan pengobatan alami dan juga mudah untuk didapatkan.

Berbagai macam jenis penyakit bisa disembuhkan dengan obat-obatan tradisional baik itu penyakit yang berbahaya hingga penyakit-penyakit ringan, salah satunya adalah penyakit asam urat, asam urat sendiri adalah kondisi dimana tubuh sudah tidak bisa bekerja dengan maksimal, dimana sendi-sendi sudah mulai meregang sehingga jika bergerak akan lebih terasa sulit. Kondisi ini biasanya diderita oleh orang-orang yang usianya sudah diatas 30 tahun.

Daftar Tumbuhan Herbal Yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat secara Tradisional


Asam urat ini bisa disembuhkan dengan obat-obatan tradisional, yakni dengan tumbuhan-tumbuhan herbal, nah disini kami berikan referensi beberapa jenis tumbuhan herbal alami yang bisa dijadikan untuk obat asam urat.

1. Kunyit
Kunyit merupakan salah satu tumbuhan herbal yang memiliki banyak sekali manfaat, kunyit bisa digunakan sebagai bumbu dapur, pewarna, dan lain sebagainya. Kunyit memiliki kandungan anti inflamasi yang tinggi yang bisa mengurangi peradangan yang mengakibatkan terjadinya asam urat. Selain mengobati asam urat, kunyit juga bisa mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti mencegah diabetes, hipertensi dan menurunkan kolesterol.

Untuk mengobati asam urat, anda bisa meminum jamu kunyit, cara membuatnya yaitu dengan memarut kunyit, kemudian saring, dan rebus air perasan kunyit lalu diminum, anda juga bisa menambahkan madu, ataupun asam gula maupun garam.

2. Daun Sirsak

Daun sirsak yang kondisinya tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua, bisa membantu anda membuang penyakit asam urat di dalam tubuh, hal ini dikarenakan daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang dapat melancarkan sendi-sendi dan memperkuat kondisi tubuh,untuk mengkonsumsinya anda tinggal mencuci beberapa helai daun sirsak dan memotongnya menjadi beberapa bagian, kemudian rebus potongan daun sirsak hingga airnya hanya tersisa setengahnya kemudian diminum saat dingin.

3. Sambiloto
Sambiloto merupakan salah satu tumbuhan herbal yang sudah banyak sekali digunakan dalam pengobatan tradisional, seluruh bagian dari sambiloto ini bisa digunakan sebagai obat namun yang paling umum digunakan adalah daunnya.

Salah satu fungsinya ialah yaitu bisa mengurangi penyakit asam urat,caranya adalah dengan menumbuk beberapa helain daun sambiloto kemudian saring airnya lalu airnya diminum,air saringan sambiloto bisa juga ditambahkan gula atau madu untuk mengurangi rasa pahitnya.

4. Bunga Rosella
Bunga rosella merupakan salah satu bunga yang sangat khas, tumbuhan yang berasal dari afrika ini memiliki warna merah gelap, dan bentuk bunga yang indah. Biasanya tumbuhan rosella bisa digunakan sebagai tanaman hias dan juga tanaman obat, sebelum dikonsumsi, dianjurkan untuk mengeringkan rosella terlebih dahulu sampai benar-benar kering, lalu di buat jus ataupun teh.

5. Daun Salam
Biasa digunakan sebagai bahan masakan atau penyedap masakan, ternyata daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan-kandungan yang terdapat di dalam daun salam sangat berguna bagi tubuh kita, untuk mengobati asam urat, rebuslah beberapa helai daun salam yang segar, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat. 

Jika dilakukan secara rutin, maka mudah-mudahan penyakit asam urat lama kelamaan akan mulai berkurang.

6. Kulit Manggis
Tumbuhan selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat ialah manggis,hampir semua bagian-bagian pada manggis bisa digunakan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional, dan untuk mengobati asam urat, kita bisa menggunakan kulit manggis.

Caranya adalah dengan mengiris bagian kulit manggis, atau bisa juga dengan memisahkan kulit manggis lalu ditumbuk hingga halus, kemudian seduh dengan air panas lalu diminum. Jika tidak suka rasanya, maka bisa ditambahkan dengan madu ataupun pemanis yang lainnya.

Itulah tadi 6 Tumbuhan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat, semua tumbuhan diatas bisa anda dapatkan dengan mudah, konsumsilah secara rutin agar asam urat anda bisa diobati.

9 Responses to "6 Tumbuhan Herbal Yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat Secara Tradisional"

  1. saya biasa konsumsi rosela ama manggis kalau kunyit belum pernah

    ReplyDelete
  2. Wah info baru nih buat alternatif obat asam urat. Sodara saya biasa menggunakan nanas dan lobak yang dijus untuk obat asam uratnya. btw rasanya lumayan enak loh wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya sudah tau itu mbak,, ini pilihan yg lainnya,, thx ud mampir

      Delete
  3. Baruntahu ternyata kunyit juga bisa untuk obat asam urat,..mantap,..nanti tak buat jus jamu,..he-he,..mampir ya gan nanti,..ea 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga menambah wawasannya dalam obat tradisional,

      Delete
  4. nambahin nih mas, untuk pohon/buah mahoni berhasiat utk diabet dan gula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mkasi lo mas ud dikasi masukannya,, next dibuatin deh,, salam sukses

      Delete
  5. kebetulan istri lagi sakit rematik,, membantu banged

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel