Media Yang Baik Untuk Pembesaran Indukan Lalat BSF

Ada berbagai cara untuk menghasilkan indukan lalat BSF yang unggulan serta berkwalitas, bisa dari media, tempat juga pemberian pakan.

Dengan adanya indukan lalat BSF yang unggulan, pastinya akan menghasilkan telur yang baik pula. Telur yang dihasilkan juga akan banyak, dan apabila telur menetas maka maggot juga akan cepat pertumbuhannya. 

Khusus untuk dijadikan indukan lalat bsf, maka kita harus memperlakukannya khusus pula. Agar hasil yang kita peroleh akan memiliki kwalitas yang baik pula.

Media Pembesaran Maggot BSF Indukan


Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya untuk pembuatan indukan lalat bsf yang unggulan atau berkwalitas. Apa saja media yang dibutuhkan, dan bagaimana perlakuannya? ayo kita bahas bersama disni.

1. Media Pembesaran
Untuk media pembesarannya saya menggunakan Dedak halus dan Serbuk Gergaji dari kayu. Bahan-bahan ini pastinya sangat mudah kita dapatkan.  Perbandingannya adalah 1 banding 1, apabila dedak 1 gayung maka serbuk gergaji kayu juga 1 gayung.
 
Media Yang Baik Untuk Pembesaran Indukan Lalat BSF


Setelah media tersedia seperti gambar diatas, maka siramlah dengan air secukupnya. Usahakan pemberian air tidak terlalu becek, media jangan terlalu kering dan juga jangan terlalu basah.

Media seperti ini, sangat baik untuk diterapkan dan saya sendiri juga sudah membuat yang seperti ini untuk dijadikan indukan lalat bsf. Karena Media sangat menentukan kwalitas bsf itu sendiri.

2. Jumlah Maggot Pada Media
Untuk menghasilkan pertumbuhan maggot bsf yang maksimal, maka jumlah maggot di biopond jangan sampai terlalu padat. Anda harus mengurangi dan memindahkan maggot ke tempat yang lainnya apabila terlalu padat.
 
Dengan biopond Ukuran 120 cm x 60 cm maka telurnya 1,5 gram. Kalau terlalu banyak telurnya maka akan membuat maggot terlalu padat pada media.

3. Pemberian Pakan Maggot
Pemberian pakan pada maggot untuk dijadikan indukan, sebaiknya dari limbah buah-buahan. Dalam pemberian pakan, buah dicacah atau dipotong-potong kecil dan di letakkan secara merata. Agar maggot bsf pertumbuhannya merata.

Apabila pemberian pakan ditumpuk di satu tempat saja, maggot bsf pertumbuhannya tidak akan seimbang. Dan akhirnya pertumbuhan maggot ada yang besar dan ada pula yang kecil. Maka dari itu, pemberian pakan harus merata.

Pemberian Pakan Maggot BSF Calon Indukan

Saat media dedak dan sebuk gergaji kayu dimasukkan ke biopond, beri space atau ruang untuk penaburan dedak kering. Gunanya agar maggot tidak kabur saat dimasukkan ke media yang baru. Biasanya maggot yang baru dimasukkan kemedia akan stress dan kabur. Anda dapat melihatnya seperti gambar diatas.

Baca juga : Prepupa Tidak Mau Migrasi? Ini Solusinya

Apakah anda sudah paham sampai disini, saya rasa pembahasan saya sangat mudah untuk dipahami dan dipraktekkan ditempat anda. sampai disini dulu pembahasan saya tentang Media Yang Baik Untuk Pembesaran Indukan Lalat BSF.

0 Response to "Media Yang Baik Untuk Pembesaran Indukan Lalat BSF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel