Tips Agar Media Maggot BSF Tetap Kering dan Tanpa Bau

Media Maggot BSF Tetap Kering dan Tidak Bau
Bagi kita yang baru dalam berbudidaya maggot bsf, pastilah menginginkan media yang tetap kering tidak basah dan juga tidak berbau. Pada saat media kita basah dan becek ini dapat menimbulkan bau dan bisa juga membuat maggot kabur atau bahkan mati.

Nah, seperti apa tips-tips agar media tetap kering dan tidak bau. Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya dalam berbudidaya maggot bsf.

4 Tips Budidaya Maggot Bsf Tetap Kering Tanpa Bau


1. Alas Biopond Memiliki Resapan
Apasih biopond itu? kadang saya juga bertanya kepada teman budidaya bsf tentang itu, maklum la masih pemula dan tidak tau istilah istilah dalam budidaya bsf. Biopond adalah tempat atau wadah untuk membesarkan maggot bsf.

Anda harus membuat biopond yang memiliki resapan, dengan adanya resapan dapat membuat media maggot terjaga dari becek sehingga tetap kering. 

Anda dapat menggunakan media goni bekas,  untuk menyerap kadar air yang terlalu tinggi. Jadi, anda dapat memanfaatkan goni bekas untuk alas biopond anda.

2. Pemberian Pakan Tidak Berlebihan
Dalam pemberian pakan buah-buahan, janganlah sampai berlebih. Ini dapat membuat media menjadi basah atau becek.
Kalau media basah atau becek, ini dapat menimbulkan bau dan maggot akan kabur atau bisa saja akan mati. Maka dari itu, pemberian makan secukupnya saja agar media tetap kering.

3. Melakukan Pengayakan Media
Jika pakan sudah habis, dan yang tersisa tinggal bagian biji atau kulit yang keras maka sebaiknya kita bersihkan dengan cara pengayakan yang terbuat dari kawat. Lubang untuk ayakan media kurang lebih 6 mm.

Menjaga media agar tetap bersih dan kering merupakan salah satu kewajiban yang harus diterapkan sebagai pembudidaya maggot bsf. Dengan media yang bersih dan kering pastinya tidak akan menimbulkan bau yang dapat mengganggu orang-orang disekitar kita.
 

Ini Penting!!
Untuk pakan buah-buahan ada baiknya dilakukan fermentasi terlebih dahulu. Kegunaannya untuk membuat media agar tidak berbau.

Buah-buahan yang didapat dari limbah pasar, sebaiknya dicacah terlebih dahulu sebelum dilakukan fermentasi.


Bagaimana teman-teman semua apakah sudah memahami? sampai disini saja tips dari saya tentang media maggot bsf agar tetap kering dan tidak bau. untuk pertanyaan atau pendapat lain boleh tinggalkan di kolom komentar.

5 Responses to "Tips Agar Media Maggot BSF Tetap Kering dan Tanpa Bau"

  1. Ternyata perawatannya harus ekstra juga, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas,, semuanya butuh dirawat... thx ud mampir

      Delete
  2. Harga jualnya berapa kalo boleh tau Bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bro... ada yg jual telurnya,, jual maggotnya atau pupanya... beda2 harganya,, untuk sementara ini belum menjual bro..

      Delete
    2. Owalah.. enak mah kalo ternak², ngerjain pekerjaan utama, yapi duit jalan..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel