2 Cara Memancing Lalat BSF dengan Mudah di Pekarangan Rumah

Maggot dari Lalat BSF sekarang ini digunakan untuk menjadi pakan alternatif dalam dunia Peternakan. Selain menghemat pakan, ternyata magot BSF memiliki kandungan protein yang tinggi
dan tentunya baik untuk ternak anda. Untuk mendapatkan Magot dari Lalat BSF anda harus memancingnya untuk bertelur.

Dari Telur Lalat BSF setelah menetas nanti yang akan menjadi maggot untuk pakan ternak anda. Cara ini telah di lakukan oleh banyak peternak indonesia dan hasilnya sangat memuaskan dan sangat disarankan untuk anda yang ingin menghemat pakan.

Mengenal Apa Itu Maggot BSF

Maggot BSF adalah Larva atau calon anak dari Lalat Black Soldier Fly (BSF) sebangsa lalat hermitia illuciens yang berwarna hitam dan banyak di budidayakan orang karena kaya nutrisi dan tinggi protein untuk pakan ternak.

Manfaat Maggot BSF Sebagai Pakan Ternak

Ternyata Lalat BSF aman bagi manusia, dengan Populasi BSF terkontrol alamiah dan Jumlah telur BSF sangat banyak dan cocok di budidayakan di iklim indonesia sekarang ini.

Lalat BSF juga Mudah perwatannya dan Murah biaya produksinya, karena kita memanfaatkan limbah sayur dan buah untuk memberi makan maggot hingga menjadi pupa.

Karena kaya nutrisi, tinggi protein lengkap asam aminonya maggot bsf sangat baik untuk menjadi pakan alternatif ternak seperti unggas dan ikan.

Lalat dan Maggot BSF Tidak membawa wabah penyakit, dan aman untuk manusia.

Manfaat Maggot BSF Untuk Kebersihan Lingkungan

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari Maggot BSF adalah sebagai Pengurai Limbah Sayur, Buah dan sisa makanan dapur kita.
Dengan memanfaatkan maggot sebagai alat untuk menguraikan limbah, dapat mengurangi sampah yang ada dilingkungan. 

Bagaimana Cara Memancing dan Mendatangkan Lalat BSF untuk Bertelur


Lalat BSF sangat menyukai bau Fermentasi atau buah busuk yang beraroma. Dari aroma tersebut akan mendatangkan lalat BSF untuk bertelur. Lalat BSF tidak bertelur pada media yang basah atau langsung bertelur pada media yang busuk.

Anda harus menyediakan Media kering untuk Lalat BSF Bertelur, anda dapat memanfaatkan potongan kardus sebagai media untuk bertelurnya. 

1. Menggunakan Yakult dan Royko

Bahan yang disiapkan untuk digunakan dalam memancing Lalat BSF:
  • Dedak Halus / Bekatul sebanyak 3-5 Kg
  • Air 1 Liter
  • Gula Pasir 5 sendok makan
  • Yakult 1 Botol
  • Royko Bumbu Masak 1 bungkus
Peralatan yang Digunakan
  • Ember plastik atau kaleng Cat Bekas
  • Ember Kecil
  • Kantong Plastik Bening
  • Tali Plastik atau Karet Gelang
  • Daun Pisang / Kertas Nasi Bungkus 

Cara Membuat Media Memancing BSF
Sumber : kabartani

Pertama
Siapkan ember kecil dengan diisi dengan air bersih sebanyak 1 Liter, kemudian tambahkan Gula pasir sebanyak 5 sendok. Lalu Masukkan satu botol Yakult dan sebungkus Royco Aduk sampai merata.

Kedua
Masukkan Dedak Halus / Bekatul sebanyak 3-5 Kg kedalam ember besar yang telah disiapkan. Tuangkan larutan Yakult dan Royco sedikit demi sedikit kedalam dedak, aduk hingga rata. Fungsi Royco disini untuk menambah aroma yang kuat agar lalat BSF tertarik untuk datang.

Usahakan Media tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering, buat media cukup lembab saja untuk hasil yang baik.

Ketiga
Masukkan Media yang telah menjadi adonan tersebut kedalam kantong plastik bening (isi jangan sampai penuh, cukup separuh saja) gunanya agar ada tempat udara saat terjadinya fermentasi. Proses ini membutuhkan waktu 4-5 hari, pada saat ini anda dapat melihat apakah fermentasi anda berhasil atau tidak. Keberhasilan fermentasi biasanya dapat dilihat dengan menggelembungnya plastik tempat dedak tersebut.

Ke-empat
Setelah mencapai 4-5 hari, buka hasil fermentasi tersebut dan tuangkan pada ember besar. Alasi atas dedak dengan Daun Pisang atau bungkus nasi, tetapi jangan terlalu rapat. Jangan lupa untuk menutup atas ember dengan kawat jaring untuk menghindari dari hewan lain yang masuk.
Anda tinggal menunggu semingguan untuk menunggu telur bsf menetas dan menjadi besar. Anda juga dapat melihat di balik daun pisang atau bungkus nasi tersebut apakah sudah ada larva ulat yang berhasil menetas.

Setelah kurang lebih 2 atau 3 minggu maggot bsf dapat anda panen, dengan melihat ukuran yang pas untuk di berikan langsung ke ternak anda.

2. Menggunakan Buah dan Sayur Busuk

Cara ini hampir sama dengan cara yang pertama, hanya saja medianya yang berbeda. Disini kita menggunakan buah dan sampah busuk bekas dari dapur untuk dimanfaatkan dalam memancing dan mendatangkan Lalat BSF.

Media Mendatangkan Lalat BSF

Dengan menempatkan buah dan sayuran busuk pada wadah atau ember plastik, aromanya dapat memancing lalat BSF untuk bertelur. Karena Lalat BSF ini lebih suka bertelur dengan media yang kering, maka anda dapat membuat seperti pada gambar. Anda juga dapat membuatnnya dengan kardus.
kardus tempat telur lalat bsf

Lakukan pengecekan pada sela-sela kardus, apakah ada telur Lalat BSF yang menempel dan siap untuk kita tetaskan sendiri. Telur Lalat BSF akan menetas setelah berumur 3 - 4 hari.


Itulah Cara Memancing atau mendatangkan Lalat BSF dengan Mudah di Pekarangan Rumah. Anda dapat mencoba salah satu cara diatas. Kalau anda ingin cepat dan praktis anda juga dapat membeli telur atau maggot bsf yang sekarang ini banyak dipasaran.

10 Responses to "2 Cara Memancing Lalat BSF dengan Mudah di Pekarangan Rumah"

  1. bener nih mas, cara ini ada di youtube banyak. untuk pakan ternak ampuh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,, makanya sekalian review dan belajar

      Delete
  2. mantul banget,semakin canggih sekarang ya cara orang bikin pakan ternak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mas,, untuk menekan biaya pakan.. dan pasti lebih menguntungkan..

      Delete
  3. Nice info. Maggot taunya itu belatung. Alternatif lain untuk memancing lalat keren yang bernama Black Soldier Fly hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mas,,, keren namanya,, juga keren manfaatnya buat ternak

      Delete
  4. Wah Kak. Itu review dan sudah nyoba? Keren banget.
    Yakult, minuman kecil yang biasa diminum, malah buat memancing lalat BSF.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita cari cara termudahnya mbak,, dan terbukti berhasil..salam sukses

      Delete
  5. mantap mas bisa jadi pakan alternatif ternak

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mencoba mas.. bila ingin beternak dan mencari pakan alternatif ternaknya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel