Pemberian Pakan Maggot Pada Anak Ayam Usia 2 Minggu

Pemberian Pakan Maggot Pada Anak Ayam Usia 2 Minggu

Dalam pemberian pakan maggot bsf, terkadang kita selalu bertanya? umur berapa bulankah ayam bisa di beri pakan maggot. Adakah dampak negatif yang terjadi apabila kita memberikan pakan maggot pada usia ayam masih 2 (dua) minggu.

Ayam usia 2 minggu sudah bisa diberi makan maggot utuh, tetapi kita harus tau takaran yang pas untuk pemberian pakannya.

Tujuan Pemberian pakan maggot bsf ini adalah untuk menekan biaya pakan pabrikan. 

Sedangkan ideal untuk anak ayam di dalam Box sampai usia 21 hari, baru dilepaskan dikandang pembesaran untuk di bebaskan.

Adakah Dampak Pemberian Pakan Maggot Pada Ayam Usia 2 Minggu?


Setelah usia ayam mencapai 2 minggu, untuk pemberian pakan sebaiknya 50% pakan pabrikan dan 50% maggot bsf.

Karena anak ayam membutuhkan protein yang tinggi untuk pertumbuhannya sehingga membutuhkan protein sekitar 20 - 22 persen protein. Sedangkan kandungan protein pada maggot mencapai 40 - 43 persen.

Dengan adanya kandungan protein yang tinggi pada maggot, maka kita dapat menghemat FCR (modal pada biaya pakan). Untuk takaran yang sesuai dalam pemberian pakan adalah 50% pakan pabrikan (PUR 511) dan 50% maggot bsf utuh.

Waktu Pemberian Pakan

Pemberian makan sebaiknya untuk pakan pabrikan kita berikan di pagi hari, sedangkan yang dari Maggot BSF sebaiknya kita berikan pada sore hari. 

Sebaiknya tidak mencampur antara pakan pabrikan dengan maggot, karena ayam akan  lebih memilih maggot dari pada pakan pabrikan.

Takaran Pemberian Pakan

Untuk takaran pemberian pakan, misalkan selama ini sebelum menggunakan maggot anda menghabiskan pakan 5 Kg dalam sehari.

Dengan adanya maggot maka anda dapat menggunakan pakan pabrikan hanya 2,5 Kg saja. Sedangkan 2,5 Kg lagi bisa digantikan oleh maggot.

Dampak

Adapun dampak pemberian pakan pabrikan full dan dibandingkan dengan pakan 50% pakan pabrikan dan 50% maggot bsf. 

Hasil yang diperoleh saat besar tidak jauh berbeda, sehingga pemberian pakan maggot ini menjadi salah satu alternatif terbaik untuk pakan ternak anda. Yang pastinya dapat menghemat biaya pakan pabrikan dan menambah keuntungan kita dalam beternak ayam dengan pakan tambahan maggot bsf ini.


Nah, itulah tadi pembahasan saya tentang dampak Pemberian Pakan Maggot Pada Anak Ayam Usia 2 Minggu. Semoga bisa menjadi inspirasi buat sahabat ternak untuk memulai memberi pakan maggot pada anak ayam tanpa takut akan dampak buruk yang terjadi.

0 Response to "Pemberian Pakan Maggot Pada Anak Ayam Usia 2 Minggu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel