Prepupa Tidak Mau Migrasi? Ini Solusinya

Biopond BSF model semen

Bagi anda yang sedang membudidayakan lalat bsf sebagai  pakan alternatif ternak, pastinya pernah mengalami yang namanya prepupa yang tidak mau migrasi dan bahkan mati.

Sebagai seorang pemula, saya pernah mengalami prepupa yang tidak bisa migrasi dan akhirnya pada mati. Kali ini saya akan membagikan kepada anda yang lagi membudidayakan lalat bsf, bagaimana cara agar prepupa dapat migrasi dengan baik dan tidak pada mati.

Beberapa Faktor Prepupa Tidak Migrasi


Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi prepupa tidak mau migrasi, atau sulit untuk migrasi. Seperti tingkat kemiringan biopond, media yang lengket. Faktor-faktor seperti inilah yang membuat prepupa tidak bisa migrasi dan akhirnya mati.

Mari kita bahas satu persatu masalah prepupa yang tidak mau migrasi :

1. Kemiringan Biopond
Dalam membuat biopond, usahakan buat kemiringan 45 derajat. Kenapa harus miring? gunanya agar prepupa dapat memanjat biopond. Karena maggot yang telah menjadi prepupa menyukai tempat yang lebih kering. Maka kita buatkan biopond yang miring agar proses migrasi prepupa dapat berjalan dengan baik.

2. Media Yang Lengket
Media yang lengket akan membuat prepupa sulit untuk bergerak, sehingga tidak bisa melakukan migrasi. Usahakan pada waktunya maggot menjadi prepupa media anda kering, ini memudahkan prepupa untuk bergerak.

Ada kalanya prepupa tidak mau migrasi karena media yang terlalu kering, sehingga membuat prepupa betah untuk berlama-lama di media. ini akan membuat anda harus memisahkannya secara manual bukan. 

Nah untuk kasus yang seperti ini, anda juga dapat membuat media basah dengan menyiramnya dengan air. Tidak usah terlalu basah, gunanya penyiraman agar prepupa tidak betah dimedia yang basah. sehingga dia akan migrasi untuk mencari tempat yang lebih kering.

Pengalaman Saya

Pada saat umur maggot bsf 5 - 15 hari, Buatlah media menjadi basah agar maggot bsf tumbuh maksimal. Dan pada umur maggot 16 hari ke atas, ushakan makanan sedikit dikurangi maka secara otomatis media jd kering.


Itulah beberapa Faktor mengapa prepupa tidak mau bermigrasi, semoga artikel ini dapat menjawab beberapa pertanyaan teman-teman seputar budidaya maggot bsf.

0 Response to "Prepupa Tidak Mau Migrasi? Ini Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel