Cara Fermentasi Kotoran Ayam Menjadi Media Pakan Maggot BSF

Jika anda seorang peternak ayam, maka anda dapat  memanfaatkan kotoran ayam tersebut sebagai media tumbuh maggot bsf. Caranya dengan melakukan fermentasi pada kotoran ayam tersebut. Jadi, ada suatu siklus yang unik antara ayam dan maggot. Ayam makan maggot, sedangkan kotoran ayam dimakan maggot.

Anda dapat memanfaatkan kotoran ayam (sering juga disebut kohe ayam). Pemanfaatan kotoran ayam sebagai media maggot untuk tumbuh, juga bisa sebagai pakan maggot itu sendiri.

Fermentasi Kotoran Ayam


Untuk melakukan fermentasi kotoran ayam, maka kita harus persiapkan kotoran ayam yang akan difermentasi. 

Bahan Fermentasi Kotoran Ayam
Sumber : Youtube
Untuk bahan-bahan fermentasinya adalah sebagai berikut :
1. EM4 Peternakan
2. Tetes Tebu (emulase) / anda juga dapat menggantinya dengan gula pasir
3. Air bersih
4. Plastik ukuran lebar
5. Tali
6. Ember / tempat untuk kotoran ayam

Takaran Bahan-bahan : Kotoran Ayam 5 kg, Air setengah liter, EM4 cukup 2 tutup botol.

Cara Fermentasinya

Pertama - Campurkan air dengan EM4 dengan takaran yang saya sebutkan diatas. Lalu campurkan Emulase Tetes Tebu. (Aduk Rata)

Jika anda kesulitan mendapatkan emulase tetes tebu, bisa juga menggunakan gula pasir 3 sendok saja. Kegunaan Air Gula disini untuk mengaktifkan bakteri yang terkandung dalam EM4.

Kedua - Setelah ramuan probiotik pertama tercampur, maka tuangkan ke dalam kotoran ayam yang terlah kita tempatkan pada wadah ember. Aduk sampai benar-benar merata agar tingkat keberhasilannya lebih tinggi. 

Usahakan kotoran ayam tersebut terbasahi oleh ramuan probiotik yang kita buat pertama tadi. Padatkan media kotoran ayam yang telah kita aduk.

Tujuan Pemadatan media ini, agar tidak ada celah udara yang masuk ke rongga-rongga kotoran ayam yang telah kita aduk.

Ketiga - Menutup ember / tempat untuk kotoran ayam dengan plastik, lalu ikatlah dengan kuat agar menjadi kedap udara. Pastikan tidak ada rongga udara yang bisa masuk.

Penutupan media fermentasi kotoran ayam
Sumber : Youtube
Proses fermantasi kotoran ayam selama 4 hari, setelah 4 hari baru anda boleh buka tutup plastiknya. Saat anda membuka dan mencium bau khas seperti tape, maka fermentasi anda dikatakan telah berhasil.

Bau kotoran ayam yang tidak sedap, setelah dilakukan fermentasi maka aroma tersebut akan hilang.

Anda dapat menggunakan hasil fermentasi kotoran ayam ini sebagai media maggot sekaligus sebagai makanan untuk maggot tumbuh.


Mungkin cukup disini pembahasan saya tentang Cara Fermentasi Kotoran Ayam Menjadi Media Maggot BSF. Untuk kotoran kambing mungkin akan saya bahas di season selanjutnya. Apabila teman-teman semua masih bingung atau ada masukan tentang pembahasan saya, yuk kita diskusikan bersama di kolom komentar. Terimakasih!



2 Responses to "Cara Fermentasi Kotoran Ayam Menjadi Media Pakan Maggot BSF"

  1. saya menyimak saja sob soalnya ini menjadi pengetahuan baru bagi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gpp mas,,, smoga tertarik untuk budidaya maggot bsf ini. thx ud mampir

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel