Makanan Ayam Aduan Agar Ganas dan Stamina Kuat

Makanan Ayam Aduan Agar Ganas dan Stamina Kuat

Banyak jenis makanan untuk ayam bangkok aduan agar ganas saat tarung dan stamina menjadi kuat. Makanan merupakan salah satu unsur terpeting dalam menjaga keseimbangan ayam aduan sebagai perkembangan tubuh dan sumber tenaga bagi ayam tersebut. 

Ayam aduan tanpa diberi makanan yang memadai akan mengakibatkan ayam aduan mudah kehabisan tenaga bahkan akan bisa menjadi menurunnya stamina dari ayam tersebut. Oleh karena itu stamina akan menjadi penentu se-ekor ayam aduan untuk memaksimalkan kemampuannya. Stamina ayam yang bagus biasanya ditandai dengan keadaan ayam pada waktu bertarung tidak akan mudah capek ataupun tidak bernafas pendek (ngos-ngosan). 

Untuk mencetak ayam aduan dengan stamina yang bagus selain ayam dirawat dengan sebaik-baiknya ayam juga diberikan makanan khusus untuk bekal nantinya saat akan kita tarungkan.

Agar menghasilkan ayam aduan dengan stamina yang bagus, sebaiknya ayam aduan sudah mendapatkan perawatan khusus mulai kecil, baik dalam pemberian makanan ataupun perawatan.

Untuk jenis makanan ayam aduan masih kecil umur 0 sampai 2 bulan, sebaiknya ayam aduan diberi makanan poer atau jenis poer berkode 511. Dan janganlah sesekali ayam aduan yang masih kecil diberi dedak/bekatul ataupun nasi, karena jenis makanan tersebut tidak memenuhi keseimbangan pertumbuhan anak ayam tersebut. 

Ada baiknya jenis makanan ayam aduan yang sudah dewasa (umur 6 sampai 8 bulan) atau dalam perawatan untuk di persiapkan bertarung sebaiknya ayam aduan diberi makan beras merah dalam takaran tetap setiap harinya. Beras merah adalah makanan ayam aduan yang tepat karena mengandung protein dan juga sedikit lemak namun jenis makanan tersebut kurang sempurna hasilnya untuk menambah tenaga dan stamina ayam aduan, oleh karena itu ayam aduan masih harus diberi makanan tambahan untuk menyempurnakan stamina dan kesehatan ayam tersebut.

Makanan Tambahan Ayam Aduan Agar Ganas dan Stamina Kuat

Jenis makanan ayam aduan yang bagus untuk menambah stamina selain ayam diberi makan beras merah sebaiknya ayam diberi makanan tambahan yang berupa tahu mentah, gula aren, pisang, cacing tanah dan suplemen / vitamin. 

Waktu dan Jam Yang Baik Pemberian Makanan Utama Ayam Aduan

Untuk pemberian makanan utama ayam, dapat dibedakan untuk jenis ayam yang akan kita latih. Bila ayam yang dilatih adalah Tipe Pukul, maka makanan yang tepat untuk diberikan harus lebih banyak mengandung unsur karbohidrat dan protein untuk memperkuat otot-ototnya. Kandungan lemak juga penting untuk ayam tipe pukul untuk cadangan tenaganya. Makanan utama yang biasa kami berikan adalah Jagung yang telah direndam semalaman ataupun campuran antara Jagung, gabah dengan perbandingan 1:1. Untuk Pemberian makanan utama diberikan di pagi hari setelah menerima latihan senaman dan di sore hari setelah menerima latihan lari. Bila di Sore hari ayam menerima latihan jajal, maka makan sore tidak perlu dilakukan.

Sedangkan untuk Tipe Jalu, maka Makanan utama harus banyak mengandung karbohidrat, akan tetapi tidak perlu mengandung terlalu banyak protein dan lemak. Ayam jalu memerlukan kelincahan pukulan sehingga kandungan karbohidrat yang terpenting untuk tenaga, sedang kandungan lemak dan protein hanya akan membuat ayam mengalami peningkatan berat badan dan pembentukan otot yang tidak terlalu diperlukan. Makanan yang biasa diberikan adalah gabah rendaman murni ataupun campuran gabah dan jagung dengan perbandingan 3:1. Pemberian makan utama sama dilakukan seperti di atas.

Dalam pemberian makanan utama, usahakan takarannya tidak perlu terlalu banyak hanya sampai tembolok ayam sangat besar. Pemberian pakan yang diberikan sesuai dengan ukuran berat badannya, yang bisa diberikan dengan perbandinga berat badan dengan makanan adalah 15-20 : 1, sesuai dengan kebutuhannya. 

Apabila berat badan ayam adalah 3 kg, maka sekali makan bisa diberikan sebanyak 150 - 200 gram sesuai dengan tingkat nafsu makan ayam. Dan jangan lupa untuk memberikan minum ayam setelah makanan utamanya dihabiskan.

1. Memberi  Tahu Mentah
Tahu adalah alah satu makanan bagi manusia yang mengandung protein tinggi dan jenis makanan ini sangat baik jika diberikan pada ayam aduan dengan tujuan untuk menambah tenaga dan stamina ayam aduan tersebut karena tahu adalah sumber makanan yang mengandung protein yang berasal dari biji-bijian yaitu berasal dari biji kedelai. 

Adapun cara memberikannya bisa diiris kotak menjadi beberpa bagian namun jangan kebanyakan dan cukup diberi 1-2 iris sebesar jari telunjuk atau seukuran mulut ayam. Jika pemberian makan sudah terbiasa dan sudah dilakukan secara rutin maka hasilnya akan segera kelihatan dengan ditandai ayam tidak mudah capek dan stamina menjadi kuat.

2. Memberi  Pisang 
Memberikan Pisang adalah salah satu jenis makanan tambahan dalam upaya memperbaiki pencernaan ayam aduan. Adapun cara pemberiannya bisa dilolohkan langsung kemulut ayam dengan seukuran jari telunjuk atau seukuran mulut ayam.

3. Memberi Gula Aren
Memberi tambahan makanan seperti gula aren sebaiknya diberikan pada ayam jika terlihat lemas atau ayam akan diabar/diadu. Pemberian makanan Gula aren tersebut jika sering diberikan pada ayam bisa mengakibatkn ayam gemuk atau makin berat.

4. Memberi Cacing Tanah
Cacing tanah adalah jenis makanan ayam aduan yang mengandung protein yang sangat baik untuk diserap ayam aduan sewaktu ayam diadu. Karena ayam aduan ketika diadu pada airan ketiga dan seterusnya ayam sudah kehabisan sumber tenaga yang dihasilkan dari karbohidrat dari dalam tubuh yang ahirnya ayam akan menyerap protein dalam tubuh sebagai sumber tenaga. 

Cacing tanah merupakan makanan yang baik untuk diserap dalam tubuh ayam aduan, karena mengandung protein tinggi. Adapun kandungan dari cacing tanah tersebut mengandung asam amino dan juga protein sebesar 76%. Dalam pemberian makanan cacing tanah tersebut bisa diberikan dua kali dalam seminggu. Untuk porsinya ayam bisa diberi 2 - 4 ekor cacing tanah. 

Untuk cara pemberiannya : bersihkan cacing tanah tersebut dari kotoran yang ada di dalam perutnya kemudian dipotong-potong kecil agar mudah ditelan oleh ayam. Biasanya jika ayam secara rutin diberi makan seperti diatas, sewaktu diadu ayam akan mempunyai tenaga stabil dan tidak terlihat mudah capek biasanya hingga pada air ke-empat stamina ayam masih stabil.

Jenis makanan tersebut juga berpengaruh pada bobot pukulan ayam, pukulan ayam lebih ganas berbobot dan akan lebih stabil dalam memukul.

5. Memberi Vitamin/Suplemen
Pemberian Vitamin dan Suplemen biasanya diberikan di malam hari tepat sebelum ayam tidur di malam harinya, hal ini ditujukan agar seluruh kandungan gizi yang diberikan dapat terserap dengan baik pada ayam. Makanan dan vitamin suplemen yang diberikan rutin setiap harinya adalah sebagai berikut:

Vitamin lengkap A, B Compex, C, D, E, K yang diberikan masing-masing 1 butir. Vitamin yang diberikan tidak perlu vitamin yang mahal, anda dapat mencoba sebagai berikut :
  • 1/2 jempol gula merah yang dilunakkan dengan air (Untuk tambahan karbohidrat)
  • 1/4 atau 1/2 buah Tomat. (Untuk menyegarkan dan membantu pencernaan ayam)
  • 1 Butir telur puyuh bulat yang telah direbus. (Untuk tambahan protein). 

Untuk tipe ayam jalu pemberian telur puyuh rebus bisa dilakukan menjadi 2-3 hari sekali.

Suplemen yang diberikan 4-5 hari sekali (pemberian sebaiknya di malam setelah ayam memperoleh latihan abar atau aduan), adapun takarannya sebagai berikut :
  • 1 butir pil minyak ikan. (Untuk mempercepat pertumbuhan dan memperkuat bulu)
  • 1 butir pil kalq. (Untuk memperkuat tulangan)
  • 1/4 jempol kunyit (Untuk membantu pencernaan dan menyehatkan perut ayam)

Perlu diingat bahwa, selama periode training sebelum turun ke gelanggan, latihan senam dan abar yang kita lakukan pada ayam akan sangat sangat menguras tenaga ayam sehingga pola makan dan suplemen yang baik dan teratur sangatlah diperlukan untuk menjaga keseimbangan kesehatannya.

Banyak cara ataupun metode lain ataupun vitamin dan suplemen lain yang diberikan oleh para penggemar ayam aduan/petarung, akan tetapi pola makan dan suplemen di atas sudahlah sangat cukup bagi ayam yang kita latih untuk turun ke gelanggan.

Dan selain itu faktor biaya perawatan juga harus menjadi perhatian kita. Untuk itu, kita sebagai penggemar ayam aduan haruslah pintar-pintar dalam memanajemen perawatan kandang serta pakan yang baik.


Nah, sampai disini pembahasan kita dalam pemberian makanan ayam aduan agar ganas dan stamina menjadi kuat. Untuk tips selanjutnya akan kita bahas bersama disini, jika ada tambahan makanan ayam selain diatas, bisa teman-teman tambahkan dikolom komentar.

2 Responses to "Makanan Ayam Aduan Agar Ganas dan Stamina Kuat"

  1. Kebetulan di rumah yang ada hanya ayam petelur, jadi belum bisa praktik cara ini. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mudah2an ditambah lagi versi ayam aduannya mas,,, makasi lo ud mampir

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel