Memanfaatkan Cangkang Prepupa BSF Menjadi Pakan Pelet

Pembuatan Pelet dari cangkang prepupa

Kulit Cangkang Prepupa dari Lalat BSF dapat kita manfaatkan untuk dijadikan pelet pakan ternak ayam, ikan lele, burung dan lain sebagainya. Bukan hanya cangkangnya saja, tapi bangkai lalat dewasa yang telah mati sesudah masa kawin atau bertelur dapat kita campurkan sebagai bahan pembuatan pelet ini.

Menarik bukan untuk dibahas sahabat semua, biasanya kita hanya membuang atau membakar cangkang prepupa ini. Sekarang kita bisa memanfaatkannya menjadi pakan ternak. Walaupun kandungan protein dari cangkang ini tidak sebanyak maggot bsf yang mencapai 41 - 42 Persen. Tapi sudah sangat cukup untuk membantu kita dalam penghematan pakan ternak.

Bangkai lalat dewasa yang telah mati juga dapat diberikan langsung keternak kita. Pemberian ini sebagai pakan cemilan ternak kita. 

Pemanfaatan Cangkang Prepupa Menjadi Tepung 

Kita juga dapat memanfaatkan cangkang prepupa menjadi tepung, yang pastinya akan bisa tahan lama untuk kita gunakan kapan saja. Pemanfaatan Cangkang Prepupa menjadi tepung adalah cara terbaik untuk mengawetkannya menjadi bahan campuran penambah protein pakan ternak.

Bagaimana cara memanfaatkan cangkang bsf menjadi pelet?


Nah, disini kita akan membahas apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat pelet dari cangkang Prepupa. Apasaja dan bagaimana proses pembuatannya? mari kita bahas bersama.

Bahan yang dibutuhkan!

1. Mesin Penggilingan Pelet
2. Dedak halus / Bekatul
3. Tepung Jagung
4. Prepupa + lalat dewasa yang sudah mati

Kita bisa menambah bahan herbal alami seperti kunyit, temulawak dan jahe dan hijauannya dari daun pepaya. Untuk bahan ini sebagai pelengkap saja untuk memenuhi kebutuhan kesehatan ternak. 

Jika tidak menggunakannya ya tidak masalah. Sebaiknya untuk menggunakannya agar hasil yang didapat jauh lebih baik untuk kesehatan ternak anda.

Pengaplikasian

Setelah bahan lengkap semua, anda dapat memulai dengan takaran 1 : 1 : 1
Misalkan kita akan membuat pelet dari 2 kg cangkang prepupa, maka kita harus menyiapkan dedak / bekatul dan tepung jagung sebanyak 2 kg juga.

Campurkan semua bahan menjadi 1 dan aduk merata, setelah itu kita lakukan penggilingan dari semua bahan yang telah tercampur.


Setelah selesai penggilingan, anda dapat menjemur pelet tersebut. Untuk hasil yang baik dan cepat anda dapat mengopennya agar cepat kering.

Untuk lebih jelasnya anda juga dapat melihat langsung Videonya langsung di SINI

Itulah cara Memanfaatkan Cangkang Prepupa BSF Menjadi Pakan Pelet, semoga anda lebih paham dan memanfaatkan semua dari BSF ini. Mulai dari maggot, prepupa, pupa dan lalat dewasa yang sudah mati juga dapat dimanfaatkan.

4 Responses to "Memanfaatkan Cangkang Prepupa BSF Menjadi Pakan Pelet"

  1. Baru tahu ada pakan pelet. Pelet yang saya tahu paling pelet ilmu hitam wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... pelet pakan ternak juga ada mas.. thx ud mampir

      Delete
  2. Replies
    1. iya bg,,, biar lebih bermanfaat aja semuanya... thx ud mampir

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel