Cara Mengatasi Maggot BSF Yang Ingin Naik Keluar Biopond

 Mengatasi Maggot Naik ingin keluar biopond

Sebagai pembudidaya maggot bsf pemula, saya pernah mengalami maggot yang terus ingin naik memanjat untuk keluar biopond. Tentunya masalah seperti ini membuat kita menjadi panik, dan bingung bagaimana cara untuk menanganinya.

Sebenarnya maggot muda yang ingin keluar dari biopond itu dikarenakan ada beberapa penyebabnya. Faktor-faktor inilah yang membuat maggot tidak betah pada media biopond dan ingin kabur untuk keluar mencari tempat lain.

Anda juga dapat mencoba cara dengan menutup dengan kain streamin. Cara ini kurang efektif untuk dilakukan. Ada baiknya teman-teman simak cara dibawah ini agar lebih memahami kendala dan cara mengatasinya.

Yuk kita bahas bersama tentang cara mengatasi maggot bsf yang ingin naik dan kabur dari biopond.

Faktor Penyebab Maggot BSF Kabur dari Biopond



1. Maggot Yang Terlalu Padat
Jumlah maggot yang terlalu padat, dapat membuat maggot menjadi kabur. Ini diakibatkan panas yang ditimbulkan dari desakan maggot-maggot. Ada baiknya anda mengurangi populasi maggot untuk dipindah ke biopond yang lain.

2. Kurang Pakan
Kurangnya pakan yang anda berikan juga akan membuat maggot bsf ingin kabur, untuk itu selalu perhatikan pemberian pakan yang sesuai agar maggot betah pada biopond. 

Dalam pemberian pakan juga diperhatikan, ada baiknya pemberian pakan di selang seling dengan pakan lain. Agar pertumbuhan maggot bsf lebih maksimal dan hasil yang kita peroleh juga lebih baik.

3. Terlalu Becek
Pemberian pakan yang banyak mengandung air sebaiknya diberikan sedikit-sedikit saja. Apabila pemberiannya berlebih akan membuat media menjadi becek. Media yang becek akan membuat maggot bsf tidak betah pada biopond dan pada akhirnya akan kabur.

Cara alternatif lain yang bisa anda coba agar maggot tidak kabur adalah dengan manaburi dedak / bekatul kering di pinggir-pinggir media. Cara ini sering saya lakukan agar maggot tidak kabur dari biopond.

Lakukan Pembalikan media sekaligus membersihkan dari sisa-sisa makanan maggot bsf yang tidak bisa di makan lagi. Tujuan pembalikan agar media tidak panas, dan memberikan rongga-rongga untuk udara masuk.

Baca Juga : Pemberian Pakan Maggot BSF dari Limbah Sayur dan Buah Harus Hati-hati

Itulah beberapa faktor penyebab maggot bsf kabur dari biopond sekaligus cara penanganannya yang tepat. Jika sahabat punya masukan dari cara diatas boleh meninggalkannya pada kolom komentar.

2 Responses to "Cara Mengatasi Maggot BSF Yang Ingin Naik Keluar Biopond"

  1. Agan peternak ya? Emang ternak apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, saya ternak ayam.. jadinya ini salah satu solusi buat hemat pakan dengan budidaya maggot bsf

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel