Cara Mengawetkan Maggot Agar Tahan Lebih Lama

Bagi anda yang sudah berhasil budidaya maggot bsf, tentunya ingin agar maggot dapat di manfaatkan awet tahan lebih lama. Kalau dibiarkan terus tumbuh, maka maggot akan menjadi prepupa dan menjadi pupa lalu berubah menjadi lalat bsf dewasa.

Dari permasalahan maggot bsf yang terus tumbuh dan akan menjadi prepupa, maka disini kita akan mengawetkannya agar dapat tahan lebih lama.  Sehingga pemanfaatannya jadi lebih baik, kapanpun kita membutuhkannya dapat kita gunakan untuk pakan ternak kita.

Nah.. disini saya akan membagikan kepada teman-teman pembudidaya maggot bsf, bagaimana caranya agar maggot bsf dapat kita olah menjadi awet dan tahan lama.

3 Cara Mengawetkan Maggot Agar Tahan Lebih Lama


Kalau kita bicara tentang maggot bsf, pastilah kita berpikir pakan alternatif untuk menghemat pakan ternak kita. Supaya untung yang kita dapat dari berternak apakah itu, ayam, bebek, entok, ikan bahkan burung. Melihat biaya pakan pabrikan sekarang ini sangatlah mahal dan kadang sulit untuk memperolehnya.

Marilah sama-sama kita belajar untuk menciptakan pakan ternak alternatif yang bisa menekan biaya pakan pabrikan. Dengan mengolah atau mengawetkan maggot bsf, kita akan mendapatkan satu solusi terbaik dari permasalahan akan mahalnya pakan pabrikan.

Ada 3 cara yang bisa kita lakukan untuk mengolah atau mengawetkan maggot bsf :

1. Mengeringkan Maggot BSF

Maggot bsf kering pakan ternak

Cara yang pertama ini adalah dengan mengeringkan maggot bsf, dengan melakukan pengeringan maka kita dapat menyimpan maggot bsf agar bisa tahan lebih lama. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
  • Sediakan maggot yang belum menjadi prepupa, lalu cuci minimal 2 kali agar menjadi bersih.
  • Masukkan Maggot BSF yang telah dibersihkan tadi ke air panas lalu keringkan, lalu...
  • Masukkan ke Open untuk melakukan pengeringan, atau kita dapat mengsangrainya dengan alat yang kita buat sendiri. Seperti mengsangrai biji kopi.
  • Jangan terlalu lama dalam proses oven, agar kulit maggot yang tipis tidak gosong
  • Angin-anginkan sampai benar-benar kering
Setelah kering dari kita angin-anginkan, kita dapat menyimpannya di wadah yang kedap udara agar bisa tahan lebih lama.

2. Membuat Tepung Maggot

Cara yang kedua adalah dengan membuat maggot menjadi tepung, cara ini kelanjutan dari cara yang pertama. Setelah maggot bsf yang di oven tadi benar-benar kering kita dapat melakukan penggilingan pada maggot tersebut agar menjadi tepung.

Tepung maggot yang tinggi akan protein, dapat kita campurkan dengan dedak atau pakan alternatif lainnya untuk memenuhi kadar protein yang dibutuhkan dalam pakan ternak anda.

3. Menjadikannya Pelet Maggot

Pelet dari Maggot BSF

Cara yang ketiga, kita dapat mengolah maggot bsf untuk dijadikan pelet. Dengan cara ini, maka maggot bsf dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang panjang. Kita dapat menggunakan pelet maggot ini sebagai pakan ternak. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pelet maggot ini adalah dedak dan maggot bsf saja dengan perbandingan 4 : 6. Misalkan dedaknya 4 kg maka maggot yang kita butuhkan 6 kg

Yang anda harus ketahui, dalam pembuatan pelet maggot ini anda harus memiliki mesin untuk menggiling maggot dan menjadikannya pelet.

Kalau kita lihat dari peluang usahanya, selain pakan ternak kita tercukupi kita dapat memproduksi maggot bsf ini menjadi produk yang tentunya menguntungkan. Kita dapat memasarkan Maggot yang telah dikeringkan, atau tepung maggot bahkan pelet dari maggot.

Dengan cara ini, tentunya keuntungan yang kamu dapat akan semakin banyak. Teruslah melakukan inovasi dan teruslah berusaha. Setiap usaha pasti akan mendapatkan banyak rintangan masalah yang tak mudah untuk dilewati.


Itulah tiga Cara Mengawetkan Maggot Agar Tahan Lebih Lama, semoga anda dapat terinspirasi untuk membuat salah satu dari cara diatas. Atau anda dapat membuat ketiganya sekaligus dan memasarkannya.


2 Responses to "Cara Mengawetkan Maggot Agar Tahan Lebih Lama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel