7 Cara Melatih Ayam Birma Menjadi Super Tangguh Saat Bertarung

 Ayam Birma Super

Untuk menghasilkan ayam birma super yang kuat pukul saat di Adu atau ditarungkan, anda harus tau cara melatihnya yang benar. Tidak hanya dalam melatih saja untuk membuat ayam menjadi tangguh tetapi faktor dari makanan juga sangat mendukung.

Ayam Birma atau burma kadang disebut orang, merupakan ayam aduan yang berasal dari negara Myanmar. 

Ayam petarung birma menjadi ayam yang sangat populer di Indonesia, karena mempunyai pergerakan yang cepat dan mempunyai akurasi pukulan yang cepat dan keras. Birma asli memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan ayam bangkok pada umumnya.

Apabila kamu memiliki ayam birma dengan keturunan yang jelas dan dengan perawatan pelatihan yang tepat, maka ayam birma yang kamu miliki akan menjadi ayam aduan yang sulit untuk dikalahkan. Bahkan ayam aduan birma ini akan menjadi yang paling ditakuti saat dibawa ke Gelanggang.

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Birma


Setiap ayam aduan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, untuk jenis ayam birma sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat anda simak sebagai berikut ini :

1. Kelebihan Ayam Birma
  • Memiliki Gerakan pukulan yang cepat sehingga ayam lawan belum sempat untuk menyerang. Pola tarung ayam birma adalah jarak dekat saat melepaskan pukulan. Ayam birma tidak mau bertarung jarak jauh sehingga akan selalu mendekati lawannya saat menyerang.
  • Memiliki serangan pukulan yang cukup akurat, dimana bagian yang paling sering diserang adalah pada bagian kepala, mata dan paruhnya. Apabila pukulan yang telak dan tepat sasaran dapat membuat lawan menjadi sempoyongan.  Teknik andalan yang dimiliki ayam birma adalah teknik nyawat dan mranggal. Untuk Ayam birma yang telah bertaji, teknik ini sangat membahayakan dan dapat membutakan mata lawan karena yang menjadi sasaran adalah bagian kepala.
2. Kekurangan Ayam Birma
  • Ayam Birma memiliki kekurangan pada ukuran postur tubuhnya yang sedikit kecil dan bobot tubuhnya hanya berkisar 2 - 2,75 kg saja. Hal inilah yang akan membuat ayam ini sulit untuk mendapatkan ayam yang seimbang ukurannya saat akan di Adu.
  • Karena memiliki postur yang kecil dan tulangan kecil juga, ayam birma sangat rapuh apabila diserang pada bagian badannya. Itulah kelemahan ayam birma, tidak tahan apabila terkena  pukul badannya.

Cara Melatih Ayam Birma Yang Tepat Agar Menjadi Super


Ada 5 cara yang bisa anda lakukan untuk melatih ayam birma menjadi super tangguh saat di adu, apa sajakah yang perlu dilakukan :

1. Memandikan dan Menjemur Ayam
Memandikan ayam juga memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk melatih daya tahan tubuh ayam agar lebih kuat. Setelah memandikan ayam sebaiknya dijemur dipanas matahari untuk melatih nafas ayam itu sendiri. Bagi ayam yang akan dijadikan aduan, tentu daya tahan tubuh harus kuat itu hal yang sangat penting dimiliki ayam aduan.

2. Memijat Ayam
Ternyata tidak hanya manusia saja yang perlu untuk dipijat, tetapi ayam aduan juga harus dipijat supaya menjadi fresh. Tidak semua ayam mendapatkan perlakuan khusus ini, hanya ayam yang akan dijadikan petarung saja. Dengan sering melakukan pijatan di bagian kaki, sayap, badan dan kepala ayam maka akan membuat peredaran darahnya menjadi lancar. Ini akan membuat ayam menjadi lebih fresh dan siap untuk diajak bertarung kembali.

3. Melatih Bertarung
Selain melakukan perawata memandikan dan memijat ayam, maka selanjutnya adalah melatihnya bertarung. Karena ayam jenis birma ini sering dijadikan sebagai ayam aduan, maka anda harus sering melatihnya untuk bertarung. Dengan sering melatihnya bertarung, maka kamu akan tau teknik apa saja yang dimiliki ayam kamu untuk memukul lawan.

4. Melatih Melompat
Mungkin cara ini akan terlihat aneh bagi anda sebagai pemula, melatih ayam birma untuk melompat tentu ada tujuannya dan manfaatnya. Tujuan yang paling utama adalah supaya otot dan persendian kaki ayam menjadi lebih kuat. Sebisa mungkin anda melatihnya sejak ayam usia muda, agar ayam lebih cepat berkembang.  Selain itu, anda juga dapat memperhatikan asupan makanan dan vitamin serta kebersihan kandang untuk menunjang berkembangnya ayam menjadi kuat dan tentunya sehat.

5. Melatih Berenang
Berenang adalah olahraga yang paling bagus untuk manusia, apalagi melatih ayam untuk berenang pastinya sangat baik sekali untuk membentuk otot sayap menjadi lebih kuat. Selain itu meningkatkan otot kaki menjadi lebih kuat lagi saat bertarung. Ayam birma yang sering dilatih dengan cara berenang juga akan membuatnya tidak akan mudah lelah saat diadu.

6. Memberikan Asupan Gizi Yang Tepat
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah asupan makanannya. Karena, sehebat apapun ayam tersebut pasti akan mudah kalah begitu saja bila asupan makanannya tidak diberikan dengan baik. Untuk itu, anda harus menjaga pola makan vitamin yang tepat untuk ayam aduan.
 
7. Menjaga Stamina
Layaknya manusia, Ayam Birma ini juga butuh dijaga staminanya. Bagaiaman caranya? Silahkan Anda berikan jamu atau ramuan khusus untuk Ayam Petarung. Kalau bisa, berikan jamunya atau Ramuan racikan sendiri. Karena jamu atau Ramuan herbal bisa dipercaya menjaga stamina atau bahkan meningkatkannya.


Itulah cara melatih ayam birma agar menjadi super tangguh saat di adu dan bertarung, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita bersama dalam merawat ayam aduan. Disini saya juga masih belajar dalam dunia ayam, apabila dari teman-teman ada info menarik silahkan tinggalkan komentar. Ditunggu artikel menarik selanjutnya ya teman semua.

1 Response to "7 Cara Melatih Ayam Birma Menjadi Super Tangguh Saat Bertarung"

  1. Apa cuma saya doang yang gak pernah lihat adu ayam secara live?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel