Ciri Ayam Birma Super Serta Kelebihannya Saat Bertarung

Ciri Jenis Ayam Birma Ori Super

Ayam birma atau burma merupakan jenis ayam yang sangat sering disilangkan dengan jenis ayam lainnya, seperti bangkok, magon, saigon, pakhoy, ataupun pama. Karena dianggap memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan saat bertarung.
 
Apabila dibandingkan dengan ayam aduan lainnya, ayam Birma memang hanya mempunyai bentuk dan postur tubuh yang relatif lebih kecil. Bagi para penghobi ayam khususnya ayam aduan wajib bagi anda untuk mengetahui beberapa Ciri Ayam Birma Asli, hal ini tidak mengandung arti jika ayam tersebut memiliki gaya pertarungan yang rendah atau buruk. Ada berbagai kelebihan ayam Birma yang dapat menjadikan ayam ini pantas dipelihara.

Ciri Fisik Ayam Birma Super


Ada beberapa ciri fisik birma yang sangat dominan, kita dapat melihatnya dari beberapa bentuk tubuhnya. Apa sajakah dari bentuk tubuhnya yang bisa kita lihat? simak ulasan berikut ini :

1. Ukuran Tubuh

Ayam Birma merupakan ayam aduan yang berasal dari Negara Myanmar dan mempunyai tubuh yang ukurannya lebih kecil dibandingkan ayam aduan lainnya. Bobot tubuhnya tidak lebih dari 3 kg saja. Meski demikian ayam tersebut tergolong sangat cerdas dan memiliki gaya dan teknik pertarungan sempurna dan cepat.

Melalui ukuran tubuhnya yang kecil, ayam Birma mampu melancarkan serangan maupun pukulan keras dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Selain itu karena tubuhnya langsing, maka dia juga dapat melakukan gerakan-gerakan lincah dan gesit.

2. Bentuk Kepala dan Jengger

Ayam Birma yang asli selalu berbentuk kecil dan pipih. Matanya selalu bisa menatap dengan tajam dan terlihat cembung. Kemudian untuk bentuk jenggernya, sangat tegap dan selalu menghadap ke-arah atas seperti mahkota. Sedangkan paruhnya berukuran pendek dan telinga serta kepelnya berwarna mencolok dan menggelambir kebawah.

3. Struktur pada Tulangan dan Kaki


Tanda dan ciri ayam Birma yang asli juga harus dilihat dari struktur tulangannya. Ayam ini mempunyai struktur tulangan yang tipis dan kecil. Bentuk tulangan ini harus diakui menjadi salah satu kekurangan dari ayam Birma, karena jika diadu dengan ayam dari ras lain misalnya ayam Bangkok tentu akan memunculkan ketidak seimbangan. Postur ayam birma yang kecil membuatnya kalah besar dengan ayam bangkok.

Begitu juga dengan ukuran kakinya, kaki ayam Birma juga tergolong lebih kecil dan pendek. Jika dibanding dengan ayam kampung dari Indonesia, bentuknya hampir mirip. Akan tetapi untuk mengukur mutu atau kualitasnya, dapat dilakukan melalui katurangan sisik atau primbon serta cara bertarungnya.

4. Teknik Bertarung

Untuk Teknik dan gaya bertarung ayam Birma selalu menonjolkan kecerdasan dan kecepatannya. Ayam ini merupakan ayam aduan yang selalu lincah dan gesit dalam bergerak. Selain itu juga punya tingkat akurasi serangan yang sangat terarah, sehingga sering dinyatakan sebagai ayam pukul syaraf.

Ayam Birma dikatakan juga menjadi ayam cerdas karena selalu mampu menandingi berbagai jenis serangan dan gaya pertarungan lawan. Di Indonesia gaya pertarungan ayam Birma ini sering dinamakan sebagai teknik meranggal atau nglaprak.

Dengan teknik tersebut, ayam Birma mampu melancarkan pukulan dan serangan, akan tetapi tidak pernah disertai dengan patukan meski tingkat akurasinya sangat bagus. Berdasarkan hal ini, banyak yang menyarankan agar ayam Birma dijadikan ayam jalu atau ayam yang mampu mengalahkan lawannya secepat mungkin.

Kelebihannya Ayam Birma Saat Bertarung


1. Kelebihan Ayam Birma / Burma
Ayam Birma merupakan jenis ayam aduan yang saat ini sedang populer karena memiliki gaya khas bertarung yang sangat unik diantaranya adalah gaya bertarung yang sangat lincah dan agresif yang dominan melancarkan serangan-serangan kepada lawan bertarungnya. Tehnik pukulan yang bisanya di miliki ayam jenis ini biasanya sangat komplit yaitu mulai dari pukulan tarik dasi, pukulan atret dan mranggal-mranggal. 

Jenis ayam birma memang sangat berbeda dengan ayam bangkok karena jenis ayam birma lebih dominan mengandalkan pukulan-pukulan terbang, selain itu jenis ayam ini biasanya sangat sulit untuk tumpang karena dia lebih suka dengan gaya bertarung seperti saat abaran yaitu dengan tehnik terbang.

Keceptan pukulan dan gaya bertarung yang lebih suka terbang tersebut biasanya memiliki keakuratan yang lebih dengan taji/jalu ayam tersebut. Dengan kata lain, ayam birma bisa di simpulkan jenis kategori ayam yang memiliki keakuratan jalu yang tinggi (ayam jalu).

2. Kekurangan Ayam Birma / Burma
Melihat gaya bertarung yang sudah di jelaskan diatas, tentu saja ayam jenis ini sangat resiko sekali pada nafas yang gampang drop atau sangat mudah lelah, namun saya rasa hal itu bisa diatasi dengan rawatan harian yang anda berikan seperti pemberian jamu, vitamin dan suplemen.


Selain memiliki kelemahan pada pernafasan yang harus anda waspadai, jenis ayam burma asli ini biasanya memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari ayam aduan lainya. Menurut survey yang selama ini kami kumpulkan, ayam jenis ini biasanya memiliki ukuran 4 sampai 4,5 saja. Hal ini yang biasanya membuat para peternak menyilangkan dengan jenis ayam aduan lainya yang memiliki ukuran yang lebih besar seperti ayam bangkok.
 
Kalau kita melihat dari semua ciri ayam Birma yang asli sebagaimana dijelaskan di atas oleh para penghobi ayam aduan, ayam ini tetap memiliki banyak kelebihan meski ada kelemahan atau kekurangannya. Sekarang ini jenis ayam birma sangat marak sekali disilangkan dengan jenis ayam lainnya, sehingga berhasil dimunculkan ras ayam aduan baru misalnya ayam Birkok, pakhoy dan masih banyak lagi. 

Nah, itulah informasi tentang ciri ayam birma serta kelebihannya dalam bertarung, semoga bisa menjadi referensi anda dalam memilih jenis ayam yang cocok dengan selera anda.

1 Response to "Ciri Ayam Birma Super Serta Kelebihannya Saat Bertarung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel