Memanfaatkan Limbah Kulit Pisang Untuk Budidaya Maggot BSF

Media Limbah Kulit Pisang Pakan Maggot

Sekarang ini penimbunan limbah perlu mendapatkan perhatian serius, khususnya limbah dari sampah organik mengingat efek negatif yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Pengolahan limbah organik perlu dikembangkan untuk mengurangi dampak buruk dan memberi nilai tambah pada limbah organik. 

Teknologi yang tepat guna telah banyak diteliti untuk pengolahan limbah organik, salah satunya proses biokonversi menggunakan Maggot Lalat BSF (larva black soldier fly). Larva black soldier fly merupakan jenis lalat yang tidak menyebarkan penyakit dan mengandung protein tinggi. Limbah kulit pisang sangatlah mudah didapatkan dan kita manfaatkan sebagai media pakan bagi maggot bsf.

Limbah kulit pisang sering kita jumpai dimana-mana, misalnya pada usaha rumahan seperti penjualan keripik pisang dan gorengan di pinggir jalan. Bagaimana proses menjadikannya media untuk pakan maggot bsf, teman-teman semua dapat mengikuti ulasan dibawah ini :

Media Limbah Kulit Pisang Untuk Pakan Maggot BSF


Kita dapat memanfaatkan media dari limbah kulit pisang untuk makanan maggot bsf, anda dapat memberikannya langsung atau dengan cara fermentasi. Ada baiknya dengan cara fermentasi terlebih dahulu, sehingga akan mengurangi bau yang kurang enak.

Kapan Proses Pemberian Kulit Pisang ?

Pemberian kulit pisang dapat anda lakukan pada saat maggot sudah berumur satu minggu dari saat dia menetas.

Jadi, untuk media penetasan lebih baik anda menggunakan bekatul untuk media utamanya terlebih dahulu. Anda dapat membaca Cara Menetaskan Telur BSF yang Benar Dengan Media Dedak. terlebih dahulu jika anda kurang paham.

Jika maggot bsf sudah berumur satu minggu, barulah bisa kita beri makan dengan kulit pisang langsung yang kita dapat dari pedagang dan pastinya gratis.

Bahan-bahan yang harus anda siapkan untuk wadahnya berupa ember, limbah kulit pisang. Anda dapat mencampur Limbah dapur anda sebagai pakan maggot bsf. Selain mengurangi limbah anda, juga bermanfaat untuk maggot tumbuh.

Anda dapat menyesuaikan besar maggot untuk diberikan pada ternak anda. Sedangkan untuk memanen maggot tersebut anda dapat menggunakan ayakan ukuran kecil saja. Sesuaikan saja dengan ukuran maggot.

Cara Memberi Makan Maggot dengan Kulit Pisang

Anda dapat menggunakan wadah tong plastik sebagai wadah pembesaran maggot bsf. Dengan wadah tong, memudahkan anda dalam memberi makannya. 

Teman-teman dapat mencacah kulit pisang atau langsung diberikan langsung sama bonggol-bonggolnya. terserah teman-teman. 

Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa kulit pisang yang sudah tidak bisa dimakan oleh maggot bsf ya guys,,,

Untuk pemberian makan, sebaiknya tong plastik untuk ditutup. Ini gunanya agar maggot lebih efektif untuk bergerak dan memakan kulit pisang tersebut.

Apakah kulit pisang bisa di fermentasi?

Anda dapat memfermentasi kulit pisang sebelum diberikan kepada maggot bsf. Fermentasi dapat meningkatkan kwalitas pada kulit pisang. Dengan difermentasi terlebih dahulu kulit pisang akan menjadi lunak dan mudah untuk dimakan maggot bsf.


Nah, apakah anda tertarik untuk mencoba memanfaatkan limbah kulit pisang untuk media pakan maggot bsf. Semoga artikel ini dapat menjawab teman-teman yang pemula dalam budidaya lalat bsf untuk pakan yang gratis.

0 Response to "Memanfaatkan Limbah Kulit Pisang Untuk Budidaya Maggot BSF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel