Cara Instal SIMDA Agar Tidak Terpotong Saat di Print

Pastinya kita sebagai operator Simda, pernah mengalami terpotong tampilan saat melakukan print laporan keuangan. Ada cara untuk mensetting pada bagian printer agar laporan yang kita cetak tidak terputus. Kali ini saya akan membagikan kepada teman-teman operator, bagaimana cara setting printer pada aplikasi simda barang ataupun keuangan sama saja.

Simda adalah Sistem Aplikasi Keuangan Daerah, yang biasanya di operasikan oleh operator simda keuangan atau barang pada setiap SKPD masing-masing. 

Aplikasi simda keuangan hanya dibagikan pada admin yang telah ditunjuk pada setiap daerah. Setiap daerah memiliki 1 admin yang khusus memegang Simda Keuangan atau barang. Jadi kita tidak perlu untuk Download aplikasi simda, kita hanya datang kepada adminnya untuk meminta instal aplikasi simda ini.

Dengan cara seperti ini, aplikasi simda tidak bebas untuk di unduh sembarangan. Sebab otoritas dan paswordnya hanya admin yang telah ditunjuk oleh bpkp lah yang tau.

Cara Setting Printer di Aplikasi Simda Agar Tidak Terpotong Saat Print Laporan


Kali ini saya akan praktekan cara mengatur ukuran kertas pada printer simda, jadi saat anda mencetak laporan keuangan tidak terpotong.

Dengan Mengatur Set Default Printer

Ketika anda hendak mencetak laporan pada aplikasi simda dengan default awal pada printer yang baru di instal. Maka sebaiknya anda merubahnya ke jenis printer epson. Disini punya saya Epson LQ-2090 ESC/P 2 Ver 2.0.

1. Ubah Default Printer Anda

Atur printer simda agar tidak terpotong

1. Terlihat jelas pada kotak merah, tampilan laporan pada simda masih terpotong.

2. Anda klik pada tanda no. 1 sesuai pada gambar diatas, posisi printer default masih pada canon ip2700 ditandai dengan centang warna hijau pada printernya.

Setting default printer simda


3. Klik kanan pada printer Epson LQ-2090 ESC/P 2 Ver 2.0. - lalu klik Set as Default Printer.

4. Setelah itu klik Apply. Lalu klik tanda silang merah atau cancel. 

5. Laporan yang masih tampil terpotong juga close dan tampilkan kembali laporannya. Dan lihat hasilnya  sudah tidak terpotong lagi seperti dibawah ini.

Hasil ganti default printer

Setelah anda mengganti defaultnya maka tampilannya akan bagus tidak terpotong. Anda dapat melakukan cetak laporannya dengan tampilan yang tidak terpotong lagi. 

Nah, itulah cara mengatasi tampilan laporan simda yang terpotong saat akan mencetak/ diprint. Semoga artikel ini dapat membantu permasalahan teman-teman semuanya. Salam Simda!

2 Responses to "Cara Instal SIMDA Agar Tidak Terpotong Saat di Print"

  1. tutorial bermanfaat, sayangnya aku nggak kerja di bagian keuangan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel