Cara Mengatasi Ayam Babon Makan Telurnya Sendiri

Ayam babon yang sedang mengeram terkadang mau mematuk dan memakan telurnya sendiri. Hal ini pastinya akan membuat kita rugi karena ayam gagal untuk menetaskan telurnya. Bagi anda yang menggunakan kandang batre pasti hal ini tidak akan terjadi, sedangkan yang menggunakan kandang umbaran pasti hal ini pernah terjadi dan saya sendiri pernah mengalaminya.

Cara Mengatasi Ayam Babon Makan Telurnya Sendiri
Terus bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Nah, kali ini saya akan memberi tau apa faktor sesungguhnya yang membuat ayam memakan telurnya sendiri.

Faktor Penyebab Ayam Memakan Telurnya Sendiri


1. Ayam Kurang Kalsium
Se-ekor ayam memerlukan kalsium, ayam selalu mencari makanan sendiri guna untuk memenuhi kebutuhan gizi dan stamina. Walaupun ayam sudah diberi makan kenyang, tetapi kebutuhan kalsiumnya kurang ia akan mencari tambahan kalsium tersebut.

Dan ketika ayam mengetahui adanya kandungan kalsium pada cangkang telur, maka ayam akan mematuk dan memakannya.

2. Ayam Kurang Cairan, Vitamin dan Nutrisi
Ayam yang mengeram pasti membutuhkan makan dan air, ketika ayam mengalami kekurangan nutrisi dan haus yang berlebihan. Maka ayam akan mencari sumber makanan dan air tersebut, ketika melihat telur maka ayam secara nalurinya akan mematuk telur hingga pecah dan memakan untuk memenuhi rasa lapar dan hausnya.

3. Ayam Memeriksa Ketebalan Telurnya
Terkadang ayam secara naluri mematuk telurnya sendiri, untuk melihat kwalitas cangkang telurnya apakah tipis atau tebal dan kuat.

Karena naluri ayam, cangkang yang kuat akan menghasilkan presentase menetasnya yang tinggi. 

4. Ayam Meniru Prilaku Yang Lain
Ayam cepat mengenali sesuatu kebiasaan, Misalnya pada saat kapan dia akan diberi makan. Dan ayam juga mudah mengenali siapa tuannya yang biasa memberinya makan.

Ketika ayam melihat ayam-ayam lain mematuk telurnya sendiri, maka ia pun akan menirukannya untuk memakan telurnya sendiri.

Bisa juga, ayam selalu punya rasa penasaran terhadap apa yang didepannya. Kebiasan mematuk yang ada didepannya membuatnya akan mematuk pada telurnya sendiri.

Tahukah anda kalau ayam hanya tertarik terhadap telur yang sudah tidak utuh lagi!
Ayam hanya mau memakan telur yang telah retak atau pecah, dikarenakan melihat isi telur atau lapisan putih yang ada didalamnya.

Fakta :
Selama telur masih utuh, ayam tidak tertarik untuk mematuk dan memakannya. Bahkan ayam akan melindungi telurnya sendiri agar tidak rusak.

Terkadang ayam mematuk telurnya karena adanya kotoran yang menempel pada kulit cangkang atau permukaan telur. Karena dipatuk sehingga membuat telur menjadi retak dan pecah, inilah yang membuat ayam memakan telur tersebut.

Telur yang basah juga membuat ayam tertarik untuk mematuknya, karena ayam ingin mendapatkan air yang menempel pada cangkang telur.

Tips Mengatasi Ayam Babon Makan Telurnya Sendiri


Untuk menjaga telur tetap aman dan tidak dimakan oleh ayam, yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Pemberian Minum Yang Cukup
Berikan ayam minum yang cukup dan mengandung vitamin serta suplemen-suplemen penunjang produktifitas ayam.

2. Makanan Yang Mengandung Protein dan Nutrisi
Berikan selalu makanan yang banyak mengandung protein guna memenuhi kebutuhan nutrisi pada ayam. Karena ayam-ayam yang sehat dan terpenuhi nutrisinya maka ayam akan lebih tenang.

Jangan biarkan ayam bosan dalam suasana kandang, ciptakan kandang yang membuat ayam tidak stres.

Dengan mempelajari bagaimana sistem kandang umbaran terbatas dan pola makan semi fermented maka kandang akan menjadi Dinamis. Pola pemeliharaan seperti ini akan membuat ayam medekati habitat aslinya di Alam dan merasa bebas.

Anda bisa membuat pakan alternatif full fermentasi dari limbah-limbah sisa makanan katering, rumah makan, dapur umum yang dicampur dengan air dan Em4 probiotik dan gula, kemudian ditutup rapat selama 3-5 hari.

Pakan hasil fermented tersebut dapat ditambah dengan dedak / bekatul, pollar sebelum diberikan pada ayam. Dengan makanan seperti ini, maka ayam akan lebih sehat.

3. Pemberian Kalsium

Kandungan Kalsium pada cangkang telur

Ayam petelur yang lagi produktif butuh kalsium yang cukup tinggi, anda dapat memberikan seminggu sekali makanan yang mengandung kalsium. Anda dapat memberikan makanan dari cangkang telur yang telah diremukkan atau dihaluskan.

Anda dapat mencampurkan cangkang telur yang telah dihaluskan tersebut pada makanan yang akan diberikan pada ayam. Guna untuk memenuhi asupan kalsium pada pertumbuhan ayam.

Baca Juga :  Pakan Alternatif Ternak Yang Dapat Dibudidayakan di Rumah

Nah, itulah pembahasan kita kali ini tentang cara mengatasi ayam babon yang suka makan telurnya sendiri saat mulai mengeram. Semoga artikel ini dapat menjawab permasalahan dari teman-teman peternak sekala rumahan. Jika ada masukkan boleh anda tinggalkan pada kolom komentar. Terimakasih...

0 Response to "Cara Mengatasi Ayam Babon Makan Telurnya Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel