8 Jenis Ayam Aduan Terbaik dan Terkuat Paling Dicari

Ada banyak jenis ayam aduan yang dikembangbiakkan di Indonesia pada saat ini. Para penghobi mulai mengembangkan ayam aduan untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan pastinya memiliki tubuh yang kuat pula saat di arena. Ayam yang menjadi andalan para penghobipun beragam jenisnya, kali ini saya akan membagikan 8 Jenis ayam aduan yang paling banyak dicari para botoh dunia.
 
Hobi ayam laga akan semakin ramai di tanah air seiring terus tumbuhnya komunitas-komunitas penghobi ayam aduan. Apalagi seringnya diadakannya kontes-kontes sabung / laga ayam yang di Sponsori oleh produsen pakan ayam, jamu,vitamin, vaksin dan lain-lain.

Jenis / Trah Ayam Aduan Paling Banyak Dicari di Indonesia


Selera para botoh pun di Indonesia tak semua sama, pemilihan jenis ayam aduan berbeda-beda  berdasarkan pola dan cara bertarung ayam aduan.  Kali ini saya akan menjelaskan beberapa jenis ayam aduan yang paling sering diminati para botoh atau penghobi ayam aduan sebagai ayam andalan mereka.

1. Ayam Bangkok

Foto Ayam bangkok
 
Ayam Bangkok dikenal hampir diseluruh dunia berkat ketangguhannya dalam menaklukkan lawannya. Memiliki postur dan tulangan yang kekar, skil yang lengkap menjadikan ayam ini kuat dalam bertahan. Serta ayam Bangkok juga memiliki akurasi hit yang sangat keras dan ampuh dalam menyerang lawannya.

Tak heran, jika ayam Bangkok ini masih menjadi primadona yang di incar para penghobi ayam aduan. Karena sebelum ayam-ayam jenis baru muncul seperti sekarang ini, ayam bangkoklah yang existensinya masih bertahan hingga saat ini. Karena bukan rahasia mumum lagi bila skillnya begitu komplit dalam bertahan maupun menyerang lawannya.

Ayam bangkoklah yang memiliki kemampuan yang rata hampir di semua aspek skill yang harus ayam laga miliki.

2. Ayam Birma

Foto Ayam Birma
 
Ayam Burma atau birma memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam aduan lain. Ayam birma mempunyai tipikal gaya berlaga yang khas serta menghibur.

Selain itu, ayam ini juga gesit dam cepat dalam berlaga pola laganya jika dilihat oleh para penghobi , ayam ini merupakan ayam yang memiliki seni dalam berlaga. Karena memiliki pola yang berpariasi dan sangat menghibur sekali dibandingkan dengan jenis ayam aduan yang lain dengan gaya monoton.

Ayam birma diakui memiki gaya bertarung seperti atrit, gostan, kuda lari dengan pranggal-pranggalnya serta kombinasi hit dari tajinya yang mengandalkan akurasi hit dari kakinya. Menjadikan ayam ini sering menang di arena dengan waktu yang singkat.

Kekurangan ayam birma hanya terletak pada postur tubuh dan struktur tulangannya yang kecil. Hal ini yang membuat ayam birma rentan terhadap hit yang keras. Biasaya bobot ayam birma murni beratnya hanya dibawah 3 Kg saja.

3. Ayam Mangon

Foto Ayam mangon
 
Sebagai pencinta ayam aduan, pasti anda pernah mendengar peternak sukses dari Thailand yang bernama Mr. Kosim. Ayam mangon miliknya di labelin Raja Ayam Mangon dunia, yang nama ayamnya Kaulan dengan bulu wido.

Ayam mangon memiliki akurasi hit yang bagus serta ketahanan tubuh yang bisa mengcounter serangan-serangan lawannya dari jenis pakhoy. Itulah mengapa ayam ini mulai banyak peminatnya.

Pada akhir tahun 2018, banyak ayam jenis mangon yang keluar sebagai champion di Thailand. Ayam-ayam juara tersebut masih keturunan Kaulan seperti pinpet, magic, lion dan yang paling kondang adalah Yokkeere.

4. Ayam  Pakhoy

Foto Ayam pakhoy

 
Ayam pakhoy dikenal para penghobi ayam dengan ciri khasnya brakot atau patok punggung. Banyak anggapan tentang ayam pakhoy ini, jika saya asumsikan ayam ini merupakan silangan yang menciptakan gaya tarung baru yang khas, cenderung cabut bulu.

Ayam pakhoy sendiri saat ini sedang naik daun dikalangan para penghobi ayam aduan dikarenakan gaya bertarung yang sangat barbar sekali.

5. Ayam Saigon

Foto Ayam saigon
 
Ayam Saigon memiliki postur badan yang tegap dengan leher sampai kepala botak tidak ada bulu. Ayam ini terkenal dengan kemampuan bertahannya yang baik karena didukung struktur tulangan yang baik pula dan counter serangan yang bisa diandalkan juga. Namun, gaya bertarungnya yang sangat monoton ayam ini menjadi crossbreed antara ayam antar rasa tau jenis dengan harapan mendapatkan struktur tulangan dan ketahanan tubuhnya diwariskan pada keturunannya.

Meskipun begitu, masih banyak para penghobi yang menyukai darah murni dari Saigon untuk dipelihara dan jagoan mereka di arena.

6. Ayam Phama

Foto Ayam phama
 
Ayam phama merupakan ayam kawin silang antara jenis birma dengan jenis lain. Dengan harapan dapat mengupgrade kekurangan yang dimiliki oleh ayam birma yaitu dari struktur tulangan yang kecil.

Dengan adanya ayam phama, merupakan jawaban dari kekurangan dari ayam birma ini. Ayam jenis baru ini memiliki skil yang lebih komplit lagi dan postur tubuh juga baik. Sebagai contoh adalah ninja yang sempat menjadi perbincangan di Thailand.

7. Ayam Shamo

Foto Ayam Shamo
 
Ayam shamo merupakan ayam yang berasal dari Negara Jepang, ayam jenis ini sekarang sedang dibudidayakan di Indonesia. Karena ayam ini mempunyai postur yang sangat besar dibandingkan jenis ayam lain. Bobotnya bisa mencapai 6Kg lebih, pastinya sangat besar sekali bukan.

8. Ayam Crossbreed

Ayam jenis ini merupakan yang sedang popular di indonsia, karena dengan adanya variasi baru akan menambah warna dalam berlaga. Ada banyak ayam crossbreed yang berhasil dikembangkan saat ini seperti, Koytrad, koyngon, matai, magon dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Ciri Ayam Birma dan Kelebihannya

Nah, itulah beberapa jenis ayam aduan yang paling banyak dikembangkan saat ini di Indonesia. Apalah anda sudah menemukan ayam yang anda cari? setiap jenis ayam pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing dalam setiap sisi. Tinggal bagaimana cara anda untuk merawat ayam-ayam tersebut agar tumbuh menjadi kuat.

0 Response to "8 Jenis Ayam Aduan Terbaik dan Terkuat Paling Dicari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel