Ciri Ayam Bangkok Cacingan dan Cara Mengobati Alami

Sebagai peternak ayam bangkok aduan pastinya teman-teman pernah mengalami ayam yang terkena cacingan. Jangan pernah menganggap remeh dengan ini, karena akan mengganggu pertumbuhan pada ayam. Ditandai dengan bobot badan ayam yang menurun, dan pada akhirnya ayam mudah terserang penyakit.

Ciri Ayam Bangkok Cacingan dan Cara Mengobati Alami

Kali ini kita akan mengulas bersama tentang gejala dan cara mengobati penyakit cacingan pada ayam bangkok. Mungkin penyakit cacingan ini adalah salah satu penyakit yang sulit di deteksi sejak awal, karena ciri ciri yang ditimbulkan tidak secara langsung namun bertahap dan tidak semua botoh bisa mengetahuinya dengan mudah apalagi bagi peternak yang masih baru atau pemula. sebelum lebih dalam lagi mengenai penyakit cacingan, maka sebaiknya kita tahu dulu apa itu penyakit cacingan.

Gejala yang timbul pada ayam yang terkena penyakit cacingan


1. Kurang nafsu makan
Ayam yang terkena penyakit cacingan, akan kurang nafsu makannya. Ayam hanya makan sedikit dan tembolok ayam tidak pernah besar.

2. Bobot ayam semakin turun
Ciri yang kedua ayam terkena cacingan adalah berkurangnya bobot ayam secara perlahan dan akhirnya terlihat kurus.

3. Muka ayam terlihat pucat
Anda dapat melihat tanda dengan wajah dan jengger ayam pucat, inilah salah satu tanda ayam anda terkena penyakit cacingan.

Penyakit Cacingan Pada Ayam Bangkok


Penyakit cacingan pada ayam adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh cacing atau parasit yang menggunakan usus ayam sebagai inangnya. Penyakit cacing ini seringkali menyerang ayam tanpa batasan usia, adapun ayam yang terkena penyakit cacing ini akan mengalami banyak sekali gejala fisik yang tidak normal hingga menghambat pertumbuhan dari ayam tersebut dan bahkan bisa saja menimbulkan kematian jika penyakit cacingan ini sudah semakin parah.

Faktor Penyebab Mengapa Ayam Cacingan


1. Faktor Suhu / Cuaca
Suhu sebenarnya salah satu hal yang biasa menjadi prevalensi timbulnya penyakit cacingan pada ayam, penyakit cacingan cenderung lebih sering terjadi di daerah yang mempunyai suhu lebih hangat.
Kondisi udara dan sanitasi yang buruk juga termasuk faktor pemicu dari timbulnya penyakit cacingan pada ayam, infeksi cacing biasanya akan lebih mudah timbul jika kondisi udara dan sanitasi yang buruk.

2. Pakan Ayam
Pakan ayam yang kurang bersih mungkin adalah faktor yang tidak bisa dipungkiri lagi, mengingat pakan adalah hal yang berhubungan langsung dengan sistem pencernaan terutama usus. pakan yang kurang higienis akan lebih mudah menyebabkan ayam terkena serangan penyakit cacingan.

3. Sanitasi Kandang
Kondisi kandang yang kotor akan lebih mudah membuat parasit dan larva cacing untuk berkembang biak, tentunya hal ini semakin menjadikan ayam lebih gampang terjangkit penyakit cacingan. Kebersihan tempat pakan adalah salah satu faktor pemicu yang tidak bisa dihiraukan lagi, segala hal yang berhubungan dengan pakan pastinya akan menjadi hal utama timbulnya penyakit cacing ini.

Setelah anda mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit cacingan pada ayam bangkok maka tentunya kita harus tahu apa saja gejala yang timbul pada ayam anda jika ternyata sudah terserang penyakit cacingan ini.

Ciri Ayam Bangkok Yang Terkena Penyakit Cacingan


  • Nafsu makan ayam semakin berkurang bahkan ayam tidak sama sekali memiliki nafsu untuk makan.
  • Muka ayam terlihat pucat serta seluruh permukaan kulit pada ayam. Mata ayam lebih sering berbusa dan terlihat lebih lesu.
  • Bobot ayam semakin menurun walaupun ayam banyak makan, badan lebih terlihat lesu dan kurang lincah.
  • Gejala yang lebih pasti adalah kotoran yang dikeluarkan ayam akan terdapat beberapa cacing cacing, namun yang keluar ini bukanlah semuanya karena masih banyak lagi yang tertinggal didalamnya dan berkembang biak.

Ayam yang sudah terkena penyakit cacingan ini akan mengalami tanda-tanda kurang lebih seperti diatas, jika hal ini dibiarkan maka bobot ayam akan semakin menurun yang berdampak pada kematian. Langkah yang harus dilakukan setelah timbulnya gejala tersebut adalah dengan melakukan pengobatan yang tepat pada ayam.

Ada beberapa cara yang alami pengobatan yang bisa anda coba untuk ayam yang terkena penyakit cacingan, baik dari cara tradisional ataupun dengan penggunaan obat buatan pabrikan. Namun kali ini saya tidak akan membahas penggunaan obat buatan pabrik mengingat penggunaannya yang sudah jelas dan tertera didalam brosur kemasan. Saya hanya akan memberikan tips dengan menggunakan obat tradisional atau obat alami.

Cara Mengobati Penyakit Cacingan Pada Ayam Secara Alami


Pengobatan secara alami memanglah sangat aman untuk dilakukan, selain itu bahan-bahannya mudah untuk didapat disekitar kita. Alam telah banyak menyediakan obat yang tidak memiliki efek samping dalam penggunaannya, tentunya dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan maka akan didapatkan hasil yang maksimal pula. Apa sajakah bahan-bahan yang dapat anda gunakan untuk mengobati cacingan pada ayam? yuk simak dibawah ini :

1. Buah Pinang
Buah Pinang muda adalah salah satu obat cacing untuk ayam yang telah lama digunakan karena terbukti dan khasiatnya yang telah dipercaya oleh setiap peternak dan mampu memberikan hasil yang cukup efektif. Cukup gunakan pinang yang masih muda agar lebih maksimal, berikan 1/4 buah potongan buah pinang untuk ayam umur 7 bulan kebawah dan 1/2 potong pada ayam usia 7 bulan keatas dengan cara dilolohkan langsung pada mulut ayam di pagi hari sebelum ayam diberi makan. Berikan juga air minum agar tidak terlalu panas didalam tubuh ayam.

2. Bawang Putih
Bawang putih ternyata mempunyai banyak sekali khasiat untuk ayam terutama dalam mengobati penyakit cacingan pada ayam. Kandungan yang terdapat pada bawang putih terbukti mampu mencegah timbulnya infeksi cacing pada ayam, caranya adalah parut satu siung bawang putih dan berikan langsung pada ayam di pagi hari sebelum ayam diberi makan.

3. Tembakau
Berikan air rebusan daun tembakau kepada ayam agar semua cacing yang menginfeksi ayam menjadi keluar seluruhnya bersamaan dengan kotoran ayam. berikan di pagi hari saat sebelum ayam diberi makan agar lebih efektif.

4. Daun Pepaya
Kandungan daun pepaya terbukti mampu mengobati serta mencegah penyakit cacingan pada ayam, dalam pemberiannya pun cukup mudah karena bisa diberikan setiap hari sebagai pakan tambahan yang memiliki banyak sekali manfaat. Berikan daun pepaya yang masih muda untuk mengobati penyakit cacingan pada ayam.

5. Temu Ireng
Temu ireng mengandung senyawa aktif yang bernama flavonoid dan berfungsi mencegah timbulnya cacing serta memutus rantai hidup perkembangbiakan cacing didalam usus ayam. Sehingga cacing akan keluar bersamaan dengan kotoran ayam. Berikan temu ireng pada saat pagi hari saat sebelum ayam diberi makan.

Baca Juga : Jamu Ayam Aduan Alami Penambah Kuat Nafas dan Stamina

Nah, itulah ulasan kali ini tentang ciri ayam bangkok aduan yang terkena penyakit cacingan serta cara untuk mengatasi / mengobatinya dengan bahan yang alami. Semoga bermanfaat dan anda dapat menerapkan cara tersebut di peternakan rumah anda. Jika ada tambahan bahan lain, anda dapat menyampaikannya di kolol komentar. Terimakasih... salam satu hobi

0 Response to "Ciri Ayam Bangkok Cacingan dan Cara Mengobati Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel