Mengenal Ayam Shamokhoy Serta Keunggulannya

Shamokhoy adalah ayam persilangan antara ayam shamo dan pakhoy, dengan induk ayam pakhoy dan jantannya ayam Shamo. Hasil silang ini akan menghasilkan ayam dengan postur tubuh seperti ayam shamo dan gaya bertarung yang diambil adalah brakot dan brutal.
 
Foto Ayam Shamokhoy


Ayam Shamo adalah ayam petarung terbesar yang berasal dari Jepang. Ayam Shamo nenek moyangnya adalah ayam Bangkok yg dibawa orang Jepang sekitar abad ke 16-17 dari Thailand kemudian disilangkan dengan ayam lokal yang berada di Jepang. Ayam shamo sendiri memang ada beberapa jenis, untuk yg jenis besar disebut O Shamo. Kemudian yg ukuran sedang disebut Chu Shamo dan yg ukuran kecil Ko Shamo.

Beberapa Keunggulan dan Kelebihan Ayam Shamokhoy


Untuk di Indonesia ayam shamo sulit mencari lawan tanding dikarena ukurannya yang relatif besar dibandingkan ukuran rata-rata ayam petarung yang sedang marak saat ini. 

Ayam shamo ini memiliki kelebihan di mental bertarungnya yg luar biasa alias pantang menyerah dan jarang sekali ayam shamo yang lari dari arena ketika bertarung. Selain dari itu pukulan ayam shamo juga tergolong keras serta memiliki struktur tulangan yg kasar dan tebal. 

Namun kekurangan ayam jenis ini adalah tehnik bertarungnya yang kurang bagus apalagi utk ukuran sekarang dimana era adu pukul sudah berakhir.
 
Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini para penghobi ayam aduan mulai menyilangkan ayam shamo dengan ayam-ayam aduan yang memiliki speed dan berukuran kecil atau sedang salah satunya adalah jenis pakhoy. 

Pakhoy adalah ayam speed yang terkenal rajin mukul apalagi pakhoy fastdog dan punya tehnik yg bertahan dan menyerang yang bagus ditambah lagi dengan adanya brakot. Dengan melakukan persilangan tersebut, diharapkan keturunan yang mimiliki  pertahanan dan penyerangan yang baik pula.

Ayam shamo memang ayam gagah dan sedap untuk dipandang mata namun jika dipakai langsung untuk ditarungkan menurut kami kurang pas karena selain ukurannya yang jumbo sehingga sulit mencari lawan, tehnik bertarungnya juga tidak cukup baik untuk melawan ayam-ayam modern sekarang ini yang banyak dikembangkan di Indonesia. 


Nah, itulah pembahasan kita kali ini tentang Mengenal Ayam Shamokhoy Serta Keunggulannya. Apakah teman-teman tertarik untuk membudidayakannya dirumah. Untuk sekarang ini harga anakan ayam shamo masih tergolong mahal.

0 Response to "Mengenal Ayam Shamokhoy Serta Keunggulannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel